Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Jika Anda pernah membaca suatu teks yang menceritakan dengan detail, misalnya tentang kehidupan seorang tokoh atau momen momen tertentu, itulah teks deskripsi. Tulisan yang baik memang tulisan yang bisa mendeskripsikan suatu hal, agar para pembaca bisa memahami dengan baik bahkan bisa masuk dalam suasana cerita yang digambarkan karena penjelasannya sangat detail. Berikut ini merupakan beberapa pengertian deskripsi, yang bisa membuat Anda lebih mengerti dan memahami arti dari kata deskripsi.

Pengertian deskripsi menurut para ahli

Pengertian deskripsi menurut kamus besar bahasa indonesia adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Tujuannya agar pembaca lebih memahami maksud penulis dengan lebih mudah dan membuat pembaca seolah masuk dalam suasana yang digambarkan dalam sebuah cerita.

Menurut Tarigan, pengertian deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah. Tujuan dari deskripsi adalah untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan, dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya.

Sedangkan pengertian deskripsi menurut Keraf adalah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu hal atau objek pembicaraan yang membuat objek tersebut seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut atau seolah-olah berada di depan mata kepala para pembaca.

Bisa disimpulkan bahwa deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran secara menyeluruh dengan kata-kata melalui tulisan yang bertujuan agar pembaca dapat lebih memahami sebuah tulisan bahkan dapat merasakan suasana yang coba digambarkan itu agar seolah-olah ada di depan matanya sendiri.

Contoh dari tulisan deskripsi adalah gadis cantik yang berdiri di halte bus yang kutemui itu memiliki wajah bulat, dengan mata bulat yang indah, namun mata yang terus terbuka lebar itu akan menyipit ramah disertai dengan senyuman ketika ada seseorang yang menyapanya. Rambut hitam sebahunya terus saja tertiup angin menambah kecantikan khasnya. Kulit putihnya yang seolah memantulkan sinar matahari itu, terasa sangat serasi dengan gaun putih selutut yang dipakainya saat itu.

Namun, apakah semua teks dan tulisan memang sebaiknya ditulis dengan cara deskripsi demi memudahkan para pembaca? Tidak juga, karena ada beragam jenis tulisan seperti narasi, eksposisi, argumentasi dan persuasi yang memiliki kelebihannya masing-masing.

Nah, semoga kalian bisa lebih memahami pengertian deskripsi ya. Karena sudah dikemukakan pengertiannya menurut beberapa ahli bahkan juga disertai contohnya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Deskripsi Menurut Para Ahli Dan Contohnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: