Pengertian Desain dan Prinsip-Prinsip Utamanya

Peluang Usaha jadi Designer

Pengertian desain adalah suatu sistem yang berlaku untuk segala jenis perancangan yang mana titik beratnya dilakukan dengan melihat segala sesuatu persoalan tidak secara terpisah atau tersendiri, namun sebagai suatu kesatuan dimana satu masalah dengan lainnya saling terkait. Disisi lain, desain juga diartikan sebagai perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur.

Secara umum, definisi desain adalah bentuk rumusan dari proses pemikiran pertimbangan dan perhitungan dari desainer yang dituangkan dalam wujud gambar. Namun disisi lain desain juga dapat didefinisikan secara khusus, dimana desain adalah sesuatu yang berkaitan dengan kegunaan atau fungsi benda dan ketetapan pemilihan bahan serta memperhatikan segi keindahan.

Jenis-Jenis Desain

Setelah mengetahui pengertian desain, selanjutnya akan dibahas mengenai jenis-jenis desain. Dimana desain memiliki 2 jenis, pertama adalah desain struktur merupakan wujud dari suatu benda yang terdiri dari unsur-unsur desain diantaranya susunan garis, bentuk, ukuran, warna tekstur dan nilai gelap terangnya. Jenis desain selanjutnya yaitu desain hiasan yang mempunyai tujuan untuk menghias desain struktur suatu benda atau busana.

Prinsip Desain

Dalam mendesain tentunya perlu dipertimbangkan beberapa prinsip-prinsip desain. Prinsip yang pertama adalah balance. Dimana balance tersebut sama halnya mempertimbangkan stabilitas atau kesan adanya daya tarik yang sama antara bagian yang satu dengan yang lainnya tanpa meniadakan aksentuasi yang menjadi pusat perhatian pada susunan karya seni.

Dalam menerapkan prinsip balance ini dalam mendesain pun perlu menentukan balance yang seperti apa. Hal itu dikarenakan balance sendiri terbagi menjadi empat hal antara lain keseimbangan sentral, keseimbangan simetris, keseimbangan inormal, dan keseimbangan kontras.

Prinsip desain selanjutnya adalah unity yang merupakan kesatuan yang diubah melalui unsur yang mendominasi dan kurang mendominasi serta kedekatan dalam suatu komposisi karya seni. Selain itu prinsip desain lainnya adalah ritme.

Dimana ritme ini adalah susunan yang teratur dari unsur yang diulang-ulang dalam suatu karya seni. Prinsip yang terakhir adalah proporsi yaitu perbandingan ukuran yang ideal dari suatu objek. Nah itulah ulasan mengenai pengertian desain, jenis dan prinsip desain. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Desain dan Prinsip-Prinsip Utamanya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: