Pengertian Denah, Manfaat dan Cara Membaca Gambar Denah

Pengertian denah merupakan sebuah gambaran kecil mengenai suatu tempat atau bangunan. Sebuah denah dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam menemukan suatu tempat tertentu. Dalam sebuah denah biasanya terdapat berbagai macam keterangan, seperti petunjuk arah, nama tempat, nama ruang dan lain sebagainya.

Dalam menggambar sebuah denah, seseorang harus betul-betul menguasai tempat yang akan ia gambar tersebut. hal ini sangat penting agar orang yang menggunakan denahnya tidak tersesat. Selain harus menguasai lokasi yang akan digambar, seorang pembuat denah juga wajib memberikan berbagai keterangan dalam gambar denah yang ia buat. Ia bisa memberikan simbol atau menamai langsung tempat dalam denah yang digambarnya. Dengan adanya keterangan didalam sebuah denah, maka kan memudahkan orang untuk menggunakan gambar denah tersebut.

Manfaat Sebuah Denah

Setelah mengetahui pengertian denah, maka anda bisa mengetahui fungsi atau manfaat dari gambar sebuah tempat tersebut. pada dasarnya, sebuah denah merupakan gambaran kecil pada media gambar mengenai suatu lokasi maupun ruang. Oleh karena itu, gambar denah memiliki berbagai macam manfaat. Adapun manfaat sebuah denah antara lain dapat mengetahui suatu lokasi dengan cepat, membantu seseorang untuk menemukan tempat yang ingin dituju, sebagai alat penunjuk lokasi, dan berbagai manfaat lainnya.

Jika gambar denah tersebut adalah suatu bagian atau ruang sebuah bangunan, maka akan memberi manfaat bagi orang yang datang ke tempat tersebut. Dengan adanya denah sebuah komplek bangunan, maka akan memudahkan seseorang yang datang untuk menemukan ruangan yang ia ingin datangi. Selain hal tersebut, dengan adanya denah akan menghemat waktu seseorang dalam mencari sebuah tempat maupun lokasi.

Cara Membaca Gambar Denah

Dari pengertian denah diatas, maka anda telah mengetahui bahwa gambar denah merupakan hal yang penting. Dengan adanya denah, maka akan memudahkan dalam menemukan sebuah lokasi. Untuk dapat menemukan lokasi dalam denah, anda harus mengetahui cara membaca denah. Yang pertama dari membaca denah adalah dengan mengetahui judul denah tersebut. Setelah mengetahui judulnya, langlah selanjutnya mengetahui maksut simbol yang ada dalam denah. Kemudian jika anda bisa memahami simbol dalam denah, maka anda bisa mencari tempat dalam denah yang ingin anda ketahui.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: