Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Keunggulan Demokrasi

Demokrasi merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani demokratio yang memiliki arti kekuasaan rakyat. Kata demokrasi sendiri terdiri dari demos dan kratos. Demos berarti rakyat dan kratos berarti kekuasan. Secara garis besar, pengertian demokarasi menurut para ahli adalah sebuah pemerintahan dimana setiap rakyatnya memiliki sebuah hak yang sama dalam mengambil sebuah keputusan. Dengan kata lain, demokarasi ini merupakan pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Demokrasi Menurut Abraham Lincon

Abraham lincon merupakan seorang presiden dari Negara Amerika Serikat. Dia memerintah Amerika Serikat sejak tanggal 4 Maret 1861. Pria asal Amerika Serikat ini sangat terkenal didunia dengan pendapatnya mengenai pengertian demokrasi. Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincon adalah suatu sistem pemerintahan yang dibuat dari rakyat, oleh rakyat dan untuk digunakan oleh rakyat.

Pengertian Demokrasi Versi Charles Costello

Pengertian Demokarsi menurut tokoh ahli selanjutnya adalah dari Charles Costello. Charles Costello merupakan seorang tokoh ahli yang mengemukakan pengertian dari demokrasi. Menurut Charles Costello. Demokrasi adalah suatu sistem politik pemerintahan dengan kekuasaan para pemimpin dibatasi oleh hukum dan keharusan melindungi warga negaranya.

Pengertian Demokrasi Menurut Hans Kelsen

Hans Kelsen merupakan seorang pakar hukum murni yang terkenal. Pria yang satu ini lahir pada tanggal 19 April 1973 di Barkeley, California, Amerika. Dia adalah salah satu tokoh yang mengemukakan tentang arti demokrasi. Menurut Hans Kelsen, Demokrasi merupakan sebuah pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Masih menurut Hans Kelsen, dalam menjalankan pemerintahan sebuah negara demokrasi, rakyat akan memilih wakil-wakil rakyat yang dipercaya menjalankan pemerintahan.

Keunggulan Sistem Demokrasi

Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang dianut oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan menyimpulkan pengertian demokrasi menurut para ahli, maka sistem demokrasi memiliki berbagai keunggulan. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain warga negara dapat menguasai kendali pemerintahan, kebebasan perorangan dibatasi oleh sebuah kepentingan bersama, rakyat dapat memilih wakil mereka secara langsung dan berbagai keunggulan lainnya. oleh karena hal tersebut, maka para pendiri bangsa Indonesia ini memutuskan untuk menggunakan sistem pemerintahan demokrasi tersebut.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Keunggulan Demokrasi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: