Pengertian Demokrasi Liberal dan Prinsip-Prinsipnya

Pengertian demokrasi liberal pada umumnya merupakan paham atau system politik yang masih menganut pada kebebasan pada tiap individu. Dengan kata lain demokrasi ini menganut paham bahwa setiap individu mempunyai kebebasan yang bersifat penuh.dalam kaitannya dengan implementasi demokrasi liberal dalam suatu Negara, biasanya kelompok mayoritas atau keputusan mayoritas mempunyai peran besar dalam pengambilan kebijakan suatu Negara.

Namun demikian, kebijakan yang diambil pemerintah tersebut tetap harus patuh pada pembatasan dengan maksud agar segala hal atau keputusan yang telah diambil oleh pemerintah tidak melanggar atau membatasi kebebasan dan kemerdekaan individu.

Kaitannya dengan pengertian demokrasi liberal, demokrasi liberal ini memang suatu system politik pemerintahan yang lekat sekali dengan politik pemerintahan Negara Barat seperti Negara Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada dan juga Negara lainnya. Sedangkan konstitusi yang diterapkan pada tiap Negara bisa berbeda-beda ada yang berbentuk republic, system semipresidensial atau yang lebih dikenal dengan system parlementer.

Sedangkan di Negara Indonesia, konstitusi yang diterapkan ialah republic yang mana system lembaga yang digunakan ialah terdiri dari Presiden dan DPR dan menjunjung penuh kebebasan untuk berpendapat dan juga berargumen khususnya dalam pengambilan kebijakan untuk kepentingan masyarakat umum atau publik.

Prinsip-Prinsip Demokrasi Liberal

Prinsip yang pertama dalam demokrasi liberal ialah prinsip kebebasan Individu. Prinsip ini dalam demokrasi liberal menempati posisi yang paling penting. Hal tersebut mengingat bahwa kebebasan individu merupakan hak dasar yang dimiliki oleh manusia. Dalam paham ini, beranggapan bahwa manusia akan lebih mudah dan cepat untuk berkembang khususnya dalam hal kreativitas jika tidak ada kekangan dalam struktur social politik.

Selain kebebasan individu, struktur kedua dalam demokrasi liberal ialah kontrak sosial yang mana hal ini merupakan salah satu pandangan politik yang dikenal sangat liberal. Hal tersebut dikarenakan kontrak sosial merupakan hak-hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia.

Selain itu, demokrasi liberal juga menganut pasar bebas yang mana setiap kehidupan individu dalam kaitannya dengan pasar ditentukan dengan proses negosiasi atau tawar menawar. Itulah sedikit mengenai pengertian demokrasi liberal.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Demokrasi Liberal dan Prinsip-Prinsipnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: