Pengertian Darah dan Fungsi Pentingnya dalam Tubuh Manusia

pengertian darah

Apakah anda mengetahui pengertian darah? Darah berasal dari bahasa Yunani yakni hemo, hemato atau haima. Definisi darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup tingkat tinggi (kecuali tumbuhan) yang berfungsi mengirimkan zat zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh.

Manusia dan juga hewan sangat membutuhkan darah, bahkan bila manusia ataupun hewan kehilangan banyak darah dapat mengakibatkan kematian. Darah memang memiliki peranan yang sangat penting untuk makhluk hidup, apasaja fungsi darah sebenarnya?

Fungsi Darah

Dilihat dari pengertian darah tadi, darah sangatlah penting bagi tubuh manusia dan hewan dengan banyak fungsi dalam darah. Berikut ini fungsinya :

1. Sebagai zat pengangkut

Fungsi darah bagi tubuh yang pertama adalah sebagai zat pengangkut. Bahkan fungsi ini menjadi fungsi yang sangat vital, antara lain sebagai pengangkut zat zat kimia seperti hormon, pengangkut zat buangan hasil metabolisme tubuh, pengangkut karbondioksida dan juga sebagai pengangkut oksigen.

Baca juga : Pengertian Pendidikan Karakter Dan Kelemahannya

Bahkan peranan penting komponen darah seperti trombosit dan plasma darah mampu menjadi pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk kedalam tubuh.

2. Sebagai zat pengangkut oksigen

Oksigen merupakan komponen penting untuk semua makhluk hidup, oksigen inilah yang dihirup manusia agar tetap hidup. Ternyata oksigen yang masuk kedalam tubuh manusia diangkut menggunakan darah dan diedarkan keseluruh tubuh, sebab sel sel di seluruh tubuh kita membutuhkan oksigen.

3. Sebagai zat pengangkut nutrisi

Seluruh bagian tubuh kita membutuhkan nutrisi, dan bagaimana nutrisi ini dapat menyeluruh ke semua bagian tubuh? Jawabnya adalah dengan menggunakan darah, ini juga menjadi fungsi darah yang penting untuk tubuh.

Dengan membawa nutrisi lengkap keseluruh tubuh, maka akan tersusun sistem imun yang mampu menjaga tubuh kita dari serangan berbagai penyakit yang masuk kedalam tubuh. Darah juga akan mengangkut zat zat sisa metabolisme tubuh, serta membawa hormon hormon dari sistem endokrin.

Melihat pengertian darah dan beragam fungsinya ternyata darah sangat diperlukan bukan? Oleh karena itu kita harus dengan baik menjaga darah kita agar selalu lancar. Banyak kasus penyakit yang terjadi akibat darah yang tersumbat, bahkan darah tersumbat ini juga berakibat fatal bagi tubuh.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Darah dan Fungsi Pentingnya dalam Tubuh Manusia | Admin | 4.5
%d bloggers like this: