Pengertian Danau Beserta Jenis-Jenis Danau

Danau merupakan salah satu tempat yang biasa dijadikan tempat wisata, pembangkit air, sumber mata pencaharian, dan lain lain. Di Indonesia sendiri memiliki danau-danau terkenal seperti danau toba dan danau kelimutu yang sudah terkenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, apa Anda tau pengertian danau? Selain pengertian dari danau, ternyata danau juga memiliki jenis-jenisnya. Berikut ulasannya.

Pengertian danau

Pengertian danau menurut kamus besar bahasa indonesia adalah genangan air yang amat luas dan dikelilingi oleh daratan. Pengertian danau lainnya adalah cekungan pada permukaan bumi yang luas dan berisi air. Lalu ada juga yang berpendapat danau adalah genangan air yang tertampung oleh cekungan bumi tersebut yang bervolume besar.

Danau ini memiliki beberapa fungsi, yaitu untuk pembangkit listrik tenaga air, sebagai tempat berwisata, sebagai irigasi untuk pengairan sawah dan kebun, sumber mata air untuk manusia dan hewan ternak, untuk pengendali air pencegah banjir dan juga erosi dan juga usaha perikanan darat karena di danau ini bisa digunakan untuk perkembangbiakan ikan-ikan air tawar.

Air dalam danau ini biasanya berasal dari aliran sungai, hujan atau mata air lainnya yang berasal dari dalam tanah. Selain terbentuk secara alami, danau juga bisa dibentuk secara buatan oleh manusia dengan cara membendung aliran air atau aliran sungai. Danau buatan yang berupa bendungan ini biasanya disebut bendungan atau waduk.

Pengertian danau, jenis-jenis danau

Setelah mengetahui dan mengerti pengertian danau, kita juga harus mengetahui jenis-jenis danau. Ada dua jenis danau, yaitu danau alami dan danau buatan.

  1. Danau alami, terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Danau alami bisa dibedakan menjadi:
    1. Danau tektonik, terjadi karena gerakan tektonik atau pergeseran bumi. Contohnya danau maninjau dan danau tempe.
    2. Danau vulkanik, terjadi karena aktivitas gunung berapi. Contohnya danau batur dan danau kelimutu.
    3. Danau tektono-vulkanik, gabungan proses vulkanik dan proses tektonik. Contohnya adalah danau toba.
    4. Danau glasial, terjadi karena adanya pencairan es akibat erosi dan mengisi cekungan-cekungan sehingga membentuk danau. Contohnya danau Ontario di kananda.
    5. Danau karst, danau yang berada di daerah berbatu kapur. Terjadi karena adanya erosi atau pelarutan batu kapur. Contoh danau karst di pegunungan kapur di Jogjakarta.
    6. Danau buatan, dibuat manusia untuk tujuan tertentu. Disebut juga waduk. Contohnya adalah waduk jatiluhur.

Itulah beberapa pengertian danau dan jenis-jenis danau.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Danau Beserta Jenis-Jenis Danau | Admin | 4.5
%d bloggers like this: