Pengertian CPU (Central Processing Unit), Komponen Dan Cara Kerja CPU

Pengertian CPU bisa dijabarkan sebagai perangkat keras (hardware) computer yang berfungsi dan bertugas melaksanakan setiap perintah dari software atau perangkat lunak computer. Secara umum, definisi CPU atau Central Processing Unit adalah otak system computer yang menjadi alat pengolah pusat.

Untuk itu, CPU juga biasa disebut dengan sebutan processor karena merupakan pengolah pusat dari system computer. Dalam computer, CPU merupakan komponen paling utama dan hampir dari semua operasi computer dilakukan oleh CPU. Untuk itu, tanpa CPU computer tentu tidak akan berfungsi.

Komponen-Komponen CPU

Pengertian CPU adalah otak computer. Nah Di dalam CPU ini terdapat beberapa komponen yang saling bekerja dalam mengolah system computer. Komponen-komponen CPU diantaranya adalah Unit Control. Unit Control ini sangat penting sebagai pengatur jalannya program dalam computer.

Tugas unit control ini adalah mensinkronisasikan komponen-komponen dalam CPU agar fungsi operasi cpu berjalan dengan baik. Selain itu, tugas unit control mengatur dan mengendalikan input dan juga output data dalam memori.

Kemudian ada komponen yang disebut Register. Komponen cpu yang satu ini bertugas menyimpan instruksi atau proses data. Biasanya register digunakan hanya untuk menyimpan data saat diolah sehingga penyimpanan ini bersifat sementara saja.

Komponen cpu yang selanjutnya adalah ALU. Komponen yang satu ini sering juga disebut dengan mesin bahasa dan merupakan komponen yang bertugas melakukan operasi logika atau operasi aritmetika. Selain itu, tugas ALU melakukan keputusan sesuai instruksi program yang terkait operasi logika.

Dan komponen cpu yang terakhir adalah CPU Interconnections. CPU Interconnections ini merupakan komponen yang bertugas menghubungkan komponen-komponen yang ada dalam CPU seperti unit control, register dan ALU dengan komponen eksternal cpu dan system lainnya.

Fungsi Dan Cara Kerja CPU

Cara kerja cpu pada dasarnya adalah berpusat pada 3 fungsi dasar yang mana adalah menerima input atau masukan, kemudian memproses atau mengolah data dan terakhir adalah menyediakan output atau keluaran. Jadi data yang masuk kemudian diolah cpu menjadi output yang dapat disimpan sementara ataupun permanen. Sekian pengertian CPU beserta komponen dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: