Pengertian COD (Cash on Delivery) Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum memahami mengenai pengertian COD, perlu diketahui terlebih dahulu dimana COD ini merupakan singkatan dari cash on delivery. Dengan demikian pengertian COD adalah layanan dimana konsumen sepakat dengan penjual untuk membayar ketika barang yang dipesan telah sampai ke alamat pengirim. Disisi lain, makna COD adalah layanan transaksi jual beli dimana pihak pembeli bersedia membayar barang jika pihak penjual mengantarkan sampai ke alamat yang diberikan pembeli atau yang disepakati keduanya tanpa dikenai biaya tambahan.

Dengan sistem pembayaran COD ini, pembayaran dilakukan setelah konsumen melihat dengan seksama, melakukan tes dan membuktikan bahwa produk sesuai dengan yang diiklankan.

Kelebihan layanan COD

Setelah memahami pengertian COD diatas, tentu dapat disimpulkan bahwa layanan ini menguntungkan bagi pihak pembeli ataupun penjual. Dimana pembeli memang menjadi pihak yang lebih diuntungkan. Pembeli dapat memeriksa barang yang dipesan baru kemudian membayarnya.

Disisi lain ketika barang yang dipesan tidak sesuai dengan gambaran atau deskripsi dalam iklan, pembeli dapat melakukan komplain secara langsung ataupun dapat membatalkan proses pembeliannya. Selain itu pembeli juga tidak menanggung biaya pengiriman atau pengantaran selama di area jangkauan yang telah ditetapkan oleh penjual.

Di lain pihak yaitu penjual, layanan COD ini juga dapat menguntungkan. Pasalnya layanan COD ini tentunya bisa menjadi jaminan mengenai kualitas dari online shop atau bukan penjualan yang tipu-tipu saja. Selain itu juga mampu mendatangkan pembeli dalam jumlah besar asalkan keterangan atau deskripsi yang diberikan tidak menipu.

Kekurangan layanan COD

Walaupun memiliki banyak keuntungan, layanan COD ini ternyata memiliki kekurangan tersendiri. Dimana area yang dapat dijangkau tentunya akan sangat terbatas. Dengan demikian bagi pembeli yang berada jauh dari area penjual misalnya yang di luar kota tentunya tidak bisa menggunakan layanan COD ini. Dengan kata lain pilihan barang bagi pembeli juga menjadi terbatas.

Disisi lain kekurangan layanan COD ini juga dirasakan oleh penjual, dimana penjual harus bersedia untuk menyediakan tenaga atau biaya lebih yang dikeluarkan untuk mengantar barang ke pembeli. Tidak hanya itu penjual juga harus siap menanggung resiko ketika pembeli melakukan komplain bahkan batal membeli produk yang dijual. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian COD beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: