Pengertian Chauvinisme Beserta Contohnya

Selain patriotisme dan nasionalisme, ternyata ada konsep atau istilah lain yang memiliki kaitan dan berhubungan erat dengan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Yaitu chauvinisme. Pengertian chauvinisme mungkin belum banyak orang yang tahu, dalam artikel kali ini kami akan membahas pengertian dari chauvinisme dan contohnya di kehidupan sehari-hari. Berikut ulasannya.

Pengertian chauvinisme dan contohnya

Pengertian chauvinisme adalah istilah atau konsep yang digunakan untuk merujuk pada kesetiaan yang sangat ekstrim terhadap satu pihak atau keyakinan tanpa mau mempertimbangkan pandangan alternative.

Pengertian chauvinisme yang lebih sederhana adalah rasa cinta tanah air yang sangat berlebihan dengan cara mengagungkan serta meninggikan bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain. karena chauvinisme tidak hanya menunjukkan loyalitas kepada bangsa dan negara, tetapi juga menunjukkan rasa kebencian atau permusuhan kepada kelompok lain, dalam hal ini bangsa dan negara lain di luar kelompok mereka.

Pengertian chauvinisme, asal kata chauvinisme

Asal kata dari pengertian chauvinisme ini berasal dari bahasa Perancis, ‘chauvinisme’ yang berasal dari figur fiktif Nicolas Chauvin. Chauvin merupakan tentara yang sangat setia kepada Napoleon Bonaparte. Chauvin dikatakan tetap royal kepada Napoleon Bonaparte meskipun mengalami luka-luka dan penghargaan kecil. Termasuk ketika Napoleon sudah kalah dan dibuang di pulau St. Helena.

Sosok Nicholas Chauvin ini meskipun hanya sedikit dokumentasi yang menceritakan tentangnya, dia diangkat ke status legenda atau cerita-cerita legenda, dan juga terdapat dalam lagu dan pertunjukkan.

Seperti sifat Chauvin yang mewakili tokoh dengan fanatisme dan dukungan yang sangat tinggi terhadap seseorang, istilah chauvinisme akhirnya digunakan untuk merujuk pada seseorang dengan pandangan yang terlalu fanatik terhadap suatu hal, khususnya pada bangsa dan negara sendiri.

Pengertian chauvinisme, contoh sikap chauvinisme

Setelah mengetahui pengertian chauvinisme, ada beberapa contoh sikap yang bisa dikatakan sebagai sikap chauvinisme. Contohnya adalah negara Jerman yang sempat memiliki pemimpin kejam dan memusuhi bangsa lain, terutama bangsa Yahudi, yaitu Adolf Hitler. Dia memiliki slogan Uber alles in der welt atau Jerman diatas segala galanya dalam dunia, yang menganggap bangsa lain tidak baik dan hanya Jerman yang patut menjadi negara terbaik.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Chauvinisme Beserta Contohnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: