Pengertian Campuran Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian campuran merupakan beberapa materi yang nantinya disusun menjadi suatu karya zat tunggal dan didalamnya bisa juga berupa unsur atau senyawa dan terdapat komposisi yang berbeda-beda. Didalam campuran berarti pada materi yang terkandung didalamnya tidak bisa dirubah sebab beberapa gabungan zat yang ada tidak ada reaksi kimia. Contohnya ketika Anda mencampurkan minyak kedalam air segelas maka Anda akan melihat ada batasan yang terdapat pada isi gelas tersebut. Namun, ketika Anda mencampurkannya dengan alkohol maka batasan tersebut akan hilang. Maka bisa disimpulkan bahwa air dan minyak bisa menjadi campuran heterogen.

Campuran Homogen Dan Heterogen

Campuran homogen merupakan tersusun dari 2 bagian bahkan lebih dari senyawa yang ada, dan juga susunan lama serta memiliki sifat. Bisa diketahui ada perlarut dan terlarut. Contoh dari campuran homogen seperti garam yang dicampurkan dengan air, gula yang dicampurkan dengan air, air aki, cuka dapur, alkohol 70% dan udara. Didalam campuran homogen Anda tidak bisa membedakan komponen penyusunannya sebab seluruh bagiannya sama.

Pengertian campuran heterogen adalah campuran yang banyak dan setiap campuran bisa Anda lihat melalui materi yang tidak berinteraksi. Sehingga bisa terlihat langsung dengan mata telanjang. Jika Anda mencampurkan beberapa materi maka Anda akan melihat suatu campuran. Ciri-ciri dari campuran heterogen partikel pada zat dan kemudian akan terlarut secara terpisah, tidak menembus cahaya dan keruh, partikel yang campur akan lebih besar ukurannya dibandingkan dengan molekul. Contohnya air dan minyak dengan jelas Anda bisa melihat bagian yang terpisah.

Jenis-Jenis Campuran

Larutan adalah bisa disebut homogen, sebab didalam larutan terdapat zat pelarut atau solvent dan zat terlarut atau solute. Dan bisa dikatakan sebagai pelarut kalau berjumlah banyak, akan tetapi jika zat gas dan padat dilarutkan ke air maka pelarut dari hal tersebut adalah air atau zat cair. Jenis pengertian campuran lainnya bisa Anda ketahui seperti suspense yaitu campuran kasar, dan koloid yaitu antara suspense dan larutan antara 1-100nm.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: