Pengertian Bunga, Sebagai Bagian Dari Tanaman Maupun Dalam Sisi Ekonomi

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar kata ‘bunga’? Apakah sebuah bagian tanaman yang paling indah dan berwarna-warni? Ataukah sejumlah uang yang harus dibayarkan? Dua-duanya benar, karena pengertian bunga ini bukan cuma terdiri dari satu pengertian saja. Untuk lebih lengkapnya, kami akan membahas pengertian dari kata bunga, baik dalam istilah yang terdapat dalam makhluk hidup maupun istilah yang terdapat dalam kegiatan perekonomian.

Pengertian bunga, yang merupakan salah satu bagian dari tumbuhan

Pengertian bunga yang pertama merupakan bunga yang bagian dari tumbuhan. Bunga adalah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga. Pada bagian bunga, terdapat dua organ reproduksi yaitu putik dan benang sari. Pengertian bunga yang menjadi bagian tumbuhan lainnya adalah modifikasi suatu tunas (batang dan daun) yang memiliki bentuk, warna dan susunan disesuaikan dengan kepentingan tumbuhan.

Bunga memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan, serta dapat terjadi perkembangbiakan tanaman. Beberapa tanaman bahkan memiliki bunga yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan hidup alami mereka, misalnya beberapa tanaman yang akan langsung membentuk bunga bila kekurangan air atau suhu yang terlalu rendah.

Bunga memiliki warna yang cerah, yang biasanya berfungsi untuk memikat hewan untuk membantu penyerbukan. Misalnya kupu-kupu dan lebah. Selain warna, bunga juga memiliki aroma yang bisa memikat hewan.

Pengertian bunga dalam hal perekonomian

Pengertian bunga dalam hal perekonomian ada dua. Yang pertama adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan atas penggunaan sejumlah pinjaman. Yang kedua adalah sejumlah uang yang diterima atas sejumlah uang yang telah disimpan di bank. Dari dua definisi berikut disimpulkan bahwa bunga merupakan keuntungan yang diharapkan oleh pemberi pinjaman atas peminjaman uang atau barang.

Bunga bank ada dua jenis yaitu bunga nominal dan bunga riil. Bunga nominal merupakan suku bunga yang bisa kita lihat di bank atau media cetak. Sedangkan suku bunga riil adalah suku bunga setelah dikurangi dengan inflasi.

Itulah dua macam pengertian bunga. Baik bunga yang merupakan bagian dalam tumbuhan, maupun bunga yang terdapat dalam istilah bank dan perekonomian.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Bunga, Sebagai Bagian Dari Tanaman Maupun Dalam Sisi Ekonomi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: