Pengertian Buku Besar, Bentuk dan Fungsinya

Pengertian buku besar adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pencatatan perubahan yang terjadi dalam arus keuangan atau transaksi keuangan. Jadi dalam akuntansi buku besar inilah yang menulis semua transaksi keluar, masuk, utang dan piutang. Mengetahui perubahan dari keuangan dari perusahaan. Setiap perusahaan memiliki jumlah buku besar yang berbeda-beda. Tergantung dengan arus keuangan dan jenis kegiatan yang terdapat di perusahaan tersebut.

Fungsi Buku Besar

Dalam sebuah perusahaan harus memiliki buku besar, karena fungsinya sangat penting. Buku besar berfungsi untuk meringkas semua data transaksi yang sudah tertulis didalam jurnal umum. Selain itu digunakan sebagai alat yang menggolongkan data keuangan, dari yang jumlahnya besar sampai jumlah kecil. Jadi anda tahu ada perbedaan atau tidak dari semua data keuangan yang masuk. Semua data yang sudah ditulis di jurnal, harus dicatat atau digolongkan lagi dalam buku besar dan juga sebagai bahan informasi ketika menyusun laporan keuangan.

Bentuk Buku Besar

Dari pengertian buku besar sebenarnya bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu buku besar akun rill yang menuliskan tentang hutang, aktiva, modal dan kewajiban. Kemudian ada buku besar akun nominal yang berarti berisi laporan laba rugi dari pendapatan atau beban. Dalam menulis buku besar dibagi menjadi berbagai bentuk. Ada yang namanya bentuk T dan bentuk skontro. Untuk bentuk T sebelah kiri untuk debit dan sisi sebelah kanan untuk kredit. Jadi kolomnya seperti bentuk huruf T.

Untuk bentuk skontro terdiri dari dua sampai empat kolom. Jadi ada tangga keterangan dan jumlah kredit debitnya. Yang paling banyak digunakan memang bentuk skontro karena lebih mudah dalam pembacaan dan penulisan. Dalam proses penulisan buku besar ada cara yang harus anda pahami. Harus dikurangi atau ditambah. Sehingga penulisannya lebih benar. Jika anda salah dalam penulisan akan membuat neraca keuangan semakin rusak dan membingungkan. Itulah sedikit yang bisa kami jelaskan mengenai pengertian buku besar dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Buku Besar, Bentuk dan Fungsinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: