Pengertian Budi Pekerti Dan Manfaat Pendidikannya

Pengertian budi pekerti adalah kesadaran perbuatan atau perilaku seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti budi pekerti adalah tingkah laku, akhlak, perangai, watak. Sedangkan dalam bahasa Arab budi pekerti disebut dengan akhlak dan ethics dalam bahasa Inggris. Untuk itu, budi pekerti juga dikenal dengan istilah etika.

Secara etimologi, istilah budi pekerti ini merupakan gabungan 2 kata yaitu budi dan pekerti. Kata budi sendiri memiliki arti sadar, nalar, pikiran atau watak. Sedangkan pekerti memiliki arti perilaku, perbuatan, perangai, tabiat, watak. Kedua kata ini memiliki kaitan yang sangat erat karena pada dasarnya budi seseorang itu ada dalam batin manusia dan tidak akan tampak sebelum dilakukan dalam bentuk pekerti (perbuatan).

Dalam hal ini, pendidikan budi pekerti yang dimaksud adalah penanaman dan juga pengembangan nilai budi pekerti luhur seperti sopan santun, bertanggung jawab, disiplin, jujur, ikhlas dan lain sebagainya.

Tujuan Pendidikan Budi Pekerti

Pendidikan budi pekerti sejak dini memang sangat penting karena pengertian budi pekerti sendiri merupakan perilaku seseorang sehingga harus dididik dan ditanamkan dengan nilai-nilai budi pekerti yang luhur.

Pendidikan budi pekerti ini sendiri memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah berusaha mencegah kejadian-kejadian yang sifatnya negatif, berusaha menanamkan sejak dini nilai-nilai norma dan luhur yang mulai berkurang dan juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat lewat pemahaman pendidikan budi pekerti.

Manfaat Pendidikan Budi Pekerti

Saat ini, pendidikan budi pekerti memang dirasa semakin penting mengingat nilai-nilai luhur remaja saat ini semakin berkurang. Nah ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pendidikan budi pekerti ini diantaranya adalah dapat membantu para remaja untuk meningkatkan nilai diri melalui penanaman ketatasusilaan dan nilai-nilai moralitas serta mulai belajar untuk bersikap baik.

Kemudian budi pekerti juga dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesadaran remaja mengenai betapa pentingnya penanaman budi pekerti untuk menyikapi sekaligus menyiasati semakin kompleksnya perkembangan zaman.

Selain itu, pendidikan budi pekerti juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan SDM atau sumber daya manusia untuk menciptakan manusia yang berbudi luhur lewat pendidikan dan penanaman budi pekerti di sekolah. Demikianlah pengertian budi pekerti beserta manfaat pendidikannya. Semoga bermanfaat

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: