Pengertian Branding, Unsur, Jenis, dan Fungsinya Dalam Bisnis

Sebelum membahas mengenai pengertian branding. Alangkah baiknya diketahui terlebih dahulu asal kata branding. Dimana branding ini berasal dari kata brand dalam bahasa inggris yang memiliki arti merek. Namun makna branding dengan brand akan berbeda. Dimana definisi/pengertian branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Disisi lain branding ini juga diartikan sebagai suatu usaha komunikasi yang disusun dan direncanakan dengan baik oleh perusahaan untuk membesarkan brand atau suatu merek tertentu.

Unsur-unsur branding

Setelah memahami pengertian branding, perlu diketahui hal-hal lain yang perlu dilakukan dalam usaha branding. Dimana untuk menjadikan suatu produk atau merek dikenal, tentunya perlu memiliki unsur-unsur pendukung yang memudahkan produk atau merek tersebut menjadi dikenal dan mudah diingat.

Dimana hal tersebut merupakan unsur-unsur branding yang terdiri dari nama merek, logo, penampilan visual, suara, juru bicara, kata-kata yang berupa akronim; slogan; tagline; atau jingle.

Jenis-Jenis Branding

  1. Cultural branding dilakukan dengan mengembangkan reputasi mengenai lingkungan dan orang-orang dari lokasi tertentu
  2. Product branding merupakan usaha yang mampu menjadikan produk mampu mempengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut dibandingkan produk pesaing lainnya.
  3. Geographic branding ini memiliki tujuan dalam memunculkan gambaran dari produk atau jasa ketika nama lokasi tersebut disebut maka orang akan langsung mengingat brand tersebut
  4. Personal branding adalah alat pemasaran yang digunakan dalam menjadikan brand dikenal dan diingat sehingga memiliki penilaian atau pandangan tersendiri contohnya adalah adalah artis, pemusik ataupun orang-orang terkenal lainnya
  5. Corporate branding adalah aspek perusahaan yang dimulai dari produk yang ditawarkan hingga kontribusi pegawai perusahaan terhadap masyarakat.

Fungsi Branding

Branding dilakukan tentunya mempunyai fungsi tertentu. Dimana dengan melakukan branding akan menjadi pembeda. Dimana produk akan memiliki perbedaan dibandingkan pesaing lainnya, dengan demikian suatu produk dapat dibedakan dengan mudah. Selain itu dengan melakukan branding juga akan membentuk citra atau keyakinan mengenai kualitas atau prestige suatu produk yang melekat.

Disisi lain branding juga mempunyai fungsi sebagai promosi dan daya tarik. Dimana dengan melakukan branding suatu produk akan memiliki daya tarik tersendiri dengan menampilkan unsur-unsur dalam branding. Fungsi terakhir dari branding ini adalah brand mampu mengendalikan pasar dengan mudah. Demikian ulasan mengenai pengertian branding, unsur, jenis dan fungsi branding.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Branding, Unsur, Jenis, dan Fungsinya Dalam Bisnis | Admin | 4.5
%d bloggers like this: