Pengertian Biosfer Dan Unsur Yang Berpengaruh

Pengertian biosfer adalah sistem ekologis global yang berhubungan dengan lingkungan serta makhluk hidup yang ada di dalamnya termasuk juga interaksi dengan unsur-unsur lain seperti litosfer, hidrosfer dan atmosfer. Unsur penting dari proses berlangsungnya biosfer sendiri sangat dipengaruhi langsung oleh keadaan alam ini. Bahkan makhluk hidup di bumi ini memiliki tempatnya masing-masing pada biosfer untuk kelangsungan hidup mereka dan dengan caranya masing-masing.

Pengaruh Biosfer terhadap makhluk hidup

Pemahaman tentang bisofer ini sangat penting sebagai salah satu pengelolaan sumberdaya hayati khususnya untuk berlangsungnya kehidupan flora dan fauna yang semakin berkurang darastis. Semua yang berhubungan dengan biosfer ini sangat berpengaruh terhadap flora dan fauna di bumi ini. Bahkan ada beberapa faktor yang berpengaruh besar terhadap perkembangan flora dan fauna yang ada di bumi ini yaitu iklim, kondisi fisik permukaan bumi, adaptasi, seleksi alam, makanan dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu saja, definisi biosfer ini sangat memiliki tingkatannya kehidupannya sendiri yang mana struktur organisasi kehidupan tertinggi di muka bumi ini terdiri dari beberapa tingkatan. Misal saja seperti individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer itu sendiri. Oleh karena itu biosfer ini sangat berpengaruh besar terhadap semua jenis flora dan fauna.

Pengertian biosfer ini dikenalkan langsung dan pertama kali oleh salah satu ilmuwan Rusia yang bernama Vladimir Vernadsky pada tahun 1929. Istilah ini memberikan beberapa penjelasan tentang bagian lingkungan dari biosfer yang dibagi menjadi tiga yaitu Biocyclus daratan, Biocyclus lautan atau biasa disebut dengan air asin, dan yang terakhir adalah Biocyclus air tawar. Ketiganya memiliki zona kehidupan dari makhluk hidup yang berbeda-beda.

Nah itulah beberapa pengertian biosfer yang bisa menjadi salah satu acuan kalian serta untuk menambah wawasan tentang alam atau bumi kita ini. Semua yang berkaitan dengan alam pastinya harus dijaga untuk menyeimbangkan kehidupan yang semakin hari semakin tidak seimbang. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi terbaik.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Biosfer Dan Unsur Yang Berpengaruh | Admin | 4.5
%d bloggers like this: