Pengertian Bencana Alam Secara Umum dan Jenis Macamnya

Indonesia yang terdiri dari pulau pulau ini memang dapat dikatakan sering terjadi bencana alam. secara definisi, pengertian bencana alam adalah suatu kejadian atau peristiwa alam yang dampaknya dapat mengakibatkan populasi manusia terancam.

Siapa saja tidak akan ada yang mengetahui kapan bencana alam ini datang dan bagaimana caranya, karena setiap bencana merupakan rahasia Tuhan YME. Rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam ini ada banyak sekali macamnya, seperti banjir, tsunami, kekeringan, tanah longsor, puting beliung, dan masih banyak lagi.

Jenis Bencana Alam

1. Bencana meteorologi

Jenis bencana alam yang pertama adalah bencana alam meteorologi. Bencana ini sangat erat kaitannya dengan cuaca atau iklim, seperti banjir ketika musim penghujan tiba, atau kekeringan pada musim panas. Seperti yang kita ulas tadi bahwa bencana yang berkaitan cuaca selalu menjadi rahasia Tuhan YME.

2. Bencana alam geologi

Dari pengertian bencana alam yang begitu banyak jenisnya, bencana alam geologi merupakan salah satu jenis bencana yang terjadi dipermukaan bumi, seperti tsunami, gunung meletus, tanah longsor serta gempa bumi.

3. Bencana alam ekstra teresial

Bencana alam yang satu ini mungkin masih terdengar awam, bencana alam ekstra teresial ini adalah bencana alam yang terjadi diluar angkasa. Bencana di luar angkasa ini datangnya dari berbagai benda langit seperti asteroid, badai matahari, meteor dan masih banyak lagi lainnya.

Macam Macam Bencana Alam

Melihat Dari jenis bencana tadi, kita dapat mengetahui macam macam bencana alam. Mengetahui akan jenis dan macam macam bencana seperti ini membuat kita dapat selalu waspada dan selalu siaga kapan saja.

Ada banyak sekali macam bencana seperti ini, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, tsunami, angin topan atau puting beliung, kekeringan dan salah satu macam bencana yang begitu ditakuti adalah pemanasan global atau global warming.

Selesai sudah ulasan kita tentang pengertian bencana alam beserta jenis serta macamnya. Bila kita mengetahui gejala akan datangnya bencana alam, kita dapat melakukan evakuasi keluarga ditempat yang terasa aman untuk mengungsi dan jauh dari tempat terjadinya bencana alam.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: