Pengertian Bea Cukai Melindungi Masyarakat

Pengertian bea cukai adalah dua kata yang berbeda dan dapat diartikan dari bahasa sansekerta bea berarti ongkos dan cukai adalah pungutan negara. Dan cukai yang bisa Anda ketahui layaknya tembakau bahkan hasil tembakau seperti rokok, cerutu dan lain sebagainya, minuman keras (alkohol), etil alkohol.

Belum lagi untuk para pemabuk dan sering-seringnya meminum minuman beralkohol juga sangatlah membahayakan diri. Dan bahkan akan mampu membuat orang sekitar resah serta Anda semakin dekat dengan kematian. Maka inilah alasan pemerintah dengan adanya bea cukai pada dua barang yang sering dikonsumsi rokok dan alkohol, maka lebih mengurangi hal-hal yang mencelakakan diri pada manusia tersebut.

Bea Cukai Melindungi Rakyat

Bea cukai ternyata juga ikut campur untuk melindungi rakyat, dimana dengan mahalnya rokok maka masyarakat sudah mengurangi membeli rokok. Semisal 1 hari habis 3 bungkus maka sekarang sudah menjadi 1 bungkus, dengan adanya bea cukai masyarakat lebih sehat mengingat dari bahaya rokok yang sudah diketahui dampaknya bagi manusia. Beberapa hal yang patut disadari bahwa hanya menghisap asap dari rokok (perokok aktif) maka bisa mengalami serangan jantung, kanker, gangguan pada janin, impotensi dan itupun sudah ada pada peringatan dibungkus rokok. Namun, terkadang masih banyak orang yang tidak sadar mengenai kesehatan pada dirinya.

Kesejahteraan Rakyat

Bea cukai tidak hanya melindungi bagi masyarakat melainkan juga ikut serta dalam berpartisipasi pada pendapatan negara dalam APBN, dari sini Anda akan lebih menghargai uang dan kembali lagi pada kesehatan diri.

APBN atau bisa disebut sebagai anggaran pendapatan dan belanja negara. Didalam apbn pun ada beberapa fungsi yang harus Anda ketahui seperti fungsi perencanaan, fungsi, otoritasi, fungsi pengawasan, fungsi alokasi, fungsi distribusi, dan fungsi stabilitas. Dan nantinya semua ini akan berdampak baik bagi masyarakat, hal-hal yang dilakukan pemerintah untuk sekarang ini hanya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya. Apapun yang dilakukan negara tidak akan pernah luput dari menyeimbangkan segala hal yang ada didalam negara.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Bea Cukai Melindungi Masyarakat | Admin | 4.5
%d bloggers like this: