Pengertian Basis Data, Tujuan, Dan Fungsinya

Pengertian basis data atau disebut juga sebagai database dalam bahasa inggris adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam media elektronik atau komputer secara sistematik. Data tersebut juga diolah sedemikian rupa supaya bisa digunakan dengan mudah. Biasanya, istilah basis data atau database dipelajari dalam ilmu informasi. Pada awalnya, database ada dalam ilmu komputer selanjutnya meluas ke bidang elektronika.

Selain itu, pengertian basis data secara sederhana juga bisa diartikan sebagai kumpulan data yang saling berhubungan satu sama lain dan mempunyai penggunaan yang beragam.

Data base juga berarti kumpulan data yang bersifat mekanis, terdefinisi, dan terbagi dengan formal melalui suatu pengorganisasian. Data base adalah data operasional yang dipergunakan oleh sistem dari aplikasi dari pengorganisasian. Database juga didefinisikan sebagai sistem file yang terintegrasi serta mempunyai paling tidak satu primary key untuk sebuah pengulangan.

Pengertian basis data beserta fungsinya

Pada dasarnya, data base mempunyai fungsi umum yang sudah banyak diterapkan di dunia industry yang ada di seluruh dunia yang bertujuan untuk mendukung aplikasi serta sistem yang digunakan di tiap industri.

Dalam pengertian basis data, fungsi dasar basis data adalah mengklasifikasikan data supaya mudah digunakan serta dipahami penggunaannya, menghindari duplikasi serta inkonsistensi suatu data, memudahkan mengakses dan menyimpan data. Pengertian basis data dan fungsinya yang lain yaitu untuk memudahkan menghapus serta mengupdate data, menjamin kualitas informasi serta data yang ada didalamnya serta bisa diakses, suatu solusi untuk penyimpanan data, mendukung kinerja aplikasi untuk menyimpan data, dan lain sebagainya.

Pengertian basis data dan tujuannya

Data base bertujuan untuk mengatur data sehingga dapat memudahkan para penggunanya dengan kelebihan kecepatan serta ketepatan saat mengakses kembali data yang sudah tersimpan.

Menjaga konsistensi dan tidak adanya redundansi dalam data yang sudah di simpan. Basis data juga berperan menjadi pengaturan untuk menilai data sesuai dengan jenis dan fungsinya. Pengertian basis data menyebutkan bahwa data base mempunyai kemampuan untuk memilih data yang sudah tersimpan dengan cepat berdasarkan kelompok yang sudah diurutkan.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: