Pengertian Baper, Buat Anda Yang Masih Belum Tau!

Kata ‘baper’ mungkin sering Anda dengar belakangan ini. Percakapan sehari-hari atau percakapan di media memang sering menggunakan istilah ini. Beberapa orang mungkin sudah mengerti arti kata ini. Nah, buat Anda yang masih bingung pengertian baper, fungsi dari kata baper dan diambil dari mana sih kata baper, bisa banget nih simak ulasan berikut ini.

Pengertian dari kata baper

Baper itu adalah singkatan dari ‘bawa perasaan’. Maksudnya, Anda melakukan sebuah percakapan atau bercerita tetapi dengan melibatkan perasaan seperti marah, senang, sedih bahkan tidak jarang sambil menangis. Itu baru dari segi singkatan kata, kenyataannya pengertian baper lebih luas lagi.

Pengertian baper dari segi bahasa adalah terbawa oleh perasaan, sehingga dalam suatu percakapan nantinya akan timbul hal yang terlalu serius bahkan tidak jarang sensitif, cenderung melebih-lebihkan, menyepelekan hal kecil dan terlalu memaknai sesuatu dengan perasaan yang sangat mendalam.

Nah, ternyata ada lagi loh pengertian baper dalam segi istilah. Dalam segi istilah, baper itu adalah keadaan seseorang yang menanggapi sesuatu hal secara berlebihan. Contohnya jika Anda dan teman Anda sedang becanda, ketika Anda memberikan candaan atau menggoda teman kamu, dia akan menanggapinya terlalu serius. Dia akan langsung sakit hati dan langsung menjauhi kamu. Padahal niat Anda cuma becanda.

Contoh lain selain candaan atau ejekan ini adalah ketika seseorang terlalu diambil hati menanggapi suatu keadaan yang mungkin akan mengingatkan dia akan masa lalunya atau hal-hal yang pernah dilaluinya. Orang yang suka serius ini memang mudah terkena virus baper, karena akan mudah diambil hati dan berubah emosinya hanya karena masalah yang sepele.

Pengertian baper yang sering salah kaprah

Yang sering salah disini bukan pemberian arti pada kata bapernya, tetapi penggunaan kata bapernya. Seperti contoh diatas, ketika kita mengejek atau becanda dengan teman dan dia langsung sakit hati. Dengan keadaan seperti ini, kita akan langsung menghakimi bahwa teman kita sudah terserang virus baper. Padahal, bisa saja becandaan dan ejekan kita yang sudah berlebihan.

Jadi, sebelum menggunakan pengertian baper tersebut kepada orang yang sakit hati, terlebih dahulu kita lihat dulu apakah yang kita lakukan sudah keterlaluan atau tidak.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Baper, Buat Anda Yang Masih Belum Tau! | Admin | 4.5
%d bloggers like this: