Pengertian Bank Umum Secara Umum dan Manfaatnya Dalam Masyarakat

Pengertian bank umum adalah bank yang melaksanakan suatu kegiatan dan juga usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah. Selain itu, kegiatan yang dilakukan bank umum juga memberikan layanan jasa dalam proses pembayaran antar negara, kota, dan daerah. Dari bank inilah kita bisa melakukan berbagai transaksi yang kita inginkan sesuai dengan peraturan bank tersebut.

Jenis-jenis bank umum

Dari beberapa pengertian bank umum mengatakan bahwa bank umum ini adalah bank yang memiliki berbagai macam jenis. Bank ini adalah salah satu usaha yang dimaksudkan kepada masyarakat untuk memudahkan dalam bertransaksi.

Dilihat dari segi kepemilikannya, jenis-jenis bank umum terdiri atas beberapa bank. Yaitu bank pemerintah, bank swasta nasional, bank koperasi, bank asing, bank campuran. semua bank tersebut memang memiliki kepemilikan yang berbeda tetapi memiliki satu tujuan yaitu untuk memberikan jasa kepada masyarakat.

Manfaat bank umum bagi masyarakat

Dari penjelasan bank umum diatas memang memberikan beberapa manfaat bagi masyarakat. Bank sendiri adalah salah satu jenis usaha yang diberikan kepada masyarakat untuk memberikan beberapa layanan yang sesuai dengan peraturan bank yang berlaku. Hampir semua jenis bank umum tersebut memiliki manfaat yang sama. Berikut beberapa manfaat bank umum bagi masyarakat.

  1. Bank sebagai penghimpun dana masyarakat atau kredit pasif
  2. Bank sebagai penyalur dana masyarakat atau kredit aktif
  3. Dan bank sebagai perantara lalu lintas pembayaran baik antar negara, kota, dan daerah.

Kekurangan bank umum

Tanpa disadari, saat kita menggunakan rekening kita biasanya kita akan mendapatkan bunga dari hasil tabungan kita. Disisi lain ada juga kekurangan yang memang tidak membuat kita sadar begitu saja. bank umum ini adalah bank yang memiliki bunga besar.

Sehingga kita harus berpikir ulang untuk melakukan investasi kita ke bank tersebut. selain itu pemberian kredit yang dilakukan oleh beberapa bank konvensional juga tanpa perhitungan dan diberikan kepada orang-orang tertentu. Pengertian bank umum harus kita ketahui dengan seksama.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: