Pengertian Bank Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian bank adalah suatu lembaga keuangan yang pada umumnya didirikan untuk kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjam, dan menerbitkan promes yang biasa diketahui sebagai banknote.

Sedangkan didalam undang-undang, bank adalah badan usaha yang menghimpun suatu dana dalam masyarakat tertentu dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat lain dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lain yang diminta masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup rakyat lebih banyak. Walaupun begitu, bank juga mengalami berbagai perkembangan yang cukup besar akhir-akhir ini dimana perbankan sekarang lebih kompetitif. Selain itu, sekarang ini bank juga memiliki fleksibilitas yang bisa dilihat dari pelayanan yang ditawarkan.

Jenis-Jenis Bank

Ada beberapa jenis bank yang perlu kalian ketahui dimana jenis bank ini akan menentukan fungsi bagi pelayanan masyarakat. Jenis bank yang pertama adalah bank central. Bank central merupakan bank yang memiliki tugas untuk menerbitkan uang baik kertas maupun logam yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam suatu Negara dan yang mampu mempertahankan konversi uang terhadap benda berharga lain seperti emas atau perak atau bahkan keduanya.

Sedangkan jenis yang kedua adalah bank umum. Bank ini memiliki tugas cukup banyak tidak hanya untuk menyimpan uang saja akan tetapi bank jenis ini juga memiliki fungsi untuk meminjamkan dan memberikan pinjaman dari menciptakan sendiri uang giral.

Berdasarkan Pengertian bank yang pada umumnya menyimpan uang, jenis bank lain yang bisa anda temui adalah BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Jenis ini memberikan layanan kepada kegiatan usaha rakyat secara konvensional atau berdasarkan prinsip yang ada pada syariah yang didalam kegiatannya tidak memberikan jasa pada suatu lalu lintas pembayaran. Jenis terakhir yang bisa kita temui pada bank adalah bank syariah yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil dan sesuai dengan kaidah ajaran islam.

Manfaat Bank

Jika melihat peran bank yang ada di Indonesia maka fungsi bank ini memiliki banyak manfaat seperti menghimpun dana dimana himpunan dana tersebut berasal dari masyarakat dan dikumpulkan melalui usaha perbankan seperti usaha simpanan giro, tabanas, atau deposito. Pengertian bank diatas juga memberikan fungsi sebagai agent of trust, agent if development, and agen of service yang akan memberikan kepuasan terhadap masyarakat saat menabung.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: