Bahasa : Pengertian, Fungsi Dan Karakteristik Bahasa

Dalam pengertiannya yang sederhana, arti bahasa adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan segala sesuatu yang terlintas dalam hati. Namun secara lebih luas, pengertian bahasa dapat dijabarkan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi, dalam artisan untuk menyampaikan dan mengungkapkan pikiran, perasaan dan gagasan.

Pengertian lain juga diungkapkan dalam studi sosiolinguistik bahwa bahasa merupakan sebuah sistem lambang yang berupa bunyi dan bersifat arbitrer, dinamis, produktif, beragam dan juga manusiawi. Bahasa sebagai sebuah sistem bermaksud pada bahasa yang dibentuk dari sejumlah komponen berpola tetap dan juga dapat dikaidahkan. Dan sistem bahasa ini berupa lambang-lambang bunyi di mana setiap lambangnya menyatakan suatu makna atau konsep. Dari sini disimpulkan bahwa setiap ujaran bahasa itu memiliki makna.

Fungsi Bahasa dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam sosiolinguistik, bahasa tak hanya berfungsi menyampaikan suatu pikiran, akan tetapi lebih luas dengan dilihat dari beberapa sudut yaitu penutur, pendengar, kode, topic dan juga amanat pembicaraan. Dari sudut penutur, bahasa ini memiliki fungsi personal di mana penutur tak hanya menuturkan akan tetapi juga menyatakan sikap.

Kemudian dari sudut pendengar berfungsi direktif di mana hal ini mengatur pada tingkah laku pendengar. Selanjutnya ada fungsi fatik dari segi kontak penutur dan pendengar yaitu menjalin hubungan, menjaga dan memperlihatkan solidaritas.

Lalu ada fungsi referensial dari segi topik di mana bahasa berfungsi sebagai alat untuk menyatakan pikiran sekaligus tentang dunia yang ada di sekelilingnya. Selain itu, bahasa juga berfungsi metalingual dan imajinatif yang berarti membahas bahasa itu sendiri dan juga menyampaikan imajinasi, di samping pikiran dan perasaan.

Karakteristik Bahasa

Dalam pengertian bahasa telah dijelaskan bahwa bahasa memiliki beberapa sifat atau karakteristik yaitu arbitrer yang mana berarti bahwa hubungan lambang dan yang dilambangkan bisa berubah. Kemudian bersifat produktif yaitu bahwa bahasa tidak terbatas.

Selain itu bahasa juga bersifat dinamis yaitu dapat berubah sewaktu-waktu, beragam dan manusiawi yang bermaksud bahwa bahasa hanya dimiliki oleh manusia. Hewan dan lainnya tidak memiliki bahasa. Demikian ulasan tentang pengertian bahasa beserta fungsi dan karakteristiknya. Semoga bermanfaat

Cari Artikel di Sini


Bahasa : Pengertian, Fungsi Dan Karakteristik Bahasa | Admin | 4.5
%d bloggers like this: