Pengertian Atom, Ion Dan Unsur Secara Lengkap

Pengertian atom adalah sebuah satuan terkecil pada suatu materi dan terdiri dari inti, seperti muatan+ Anda bisa menyebutnya sebagai proton dan sedangkan yang netral maka bisa disebut sebagai neutron. Dan untuk muatan (-) atau negatif disebut sebagai eletron. Dan ada juga pengertian lainnya kalau atom merupakan partikel yang menyusun sebuah unsur. Didalam atom lebih tepatnya mengandung proton, elektron, neutron.

Partikel dari atom membentuk tiga hal proton, neutron dan elekton. Proton sebuah partikel yang mempunyai massa =1 smu dan muatannya adalah +1. Neutron terdapat massa yang ada didalamnya 1 smu yang bermuatan netral. Sedangkan elektron sama sekali tidak memiliki massa dan memiliki muatan -1.

Karakteristik Atom

Ketika Anda menemukan ada jumlah elektron dan proton yang sama maka bisa sebut sebagai ion. Dan sedangkan pengertian atom yang memiliki karakteristik yang sama disebut sebagai unsur. Contohnya atom hidrogen ketika Anda membelahnya sudah tidak bisa lagi disebut sebagai atom, namun sudah menjadi ion.

Semisal Anda memiliki gula kotak dan kemudian dibagi menjadi kecil-kecil, didalam gula kecil tersebut masih terdapat rasa manis sama seperti sebelumnya. Namun, jika Anda membelahnya lagi jelas gula tersebut sudah menjadi karbon, hidrogen dan oksigen dan sifat ada pada gula sudah berbeda arti.

Pengertian Ion Dan Unsur

Unsur merupakan bagian dari banyak atom yang mempunyai proton yang sama didalam intinya. Dan hal ini bisa disebut sebagai atom unsur, unsur pun bisa diartikan zat tunggal yang tidak dapat dibelah atau dibagi menjadi bagian-bagian lebih kecil lainnya.

Ion merupakan atom yang memiliki muatan listrik dan hal ini disebut sebagai kation. Sedangkan ion bermuatan negatif (-) disebut dengan anion. 2 buah kation dan anion ini adalah ion tunggal dan terdiri oleh 1 jenis atom atau bisa jadi ion poliatom yang mempunyai atom lebih dari dua atau bahkan berbeda-beda. Dari sini Anda akan lebih bisa membedakan antara atom, ion dan juga unsur ternyata memiliki arti yang berbeda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: