Pengertian Atletik Beserta Cabangnya

Menurut para ahli, pengertian atletik adalah sebuah bagian dari olahraga yang terdiri dari beberapa jenis olahraga sekaligus, dimana keseluruhan olahraga ini dapat dikelompokan menjadi beberapa kelompok. Secara bahasa atletik adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani yakni Athlon yang berarti kontes atau perlombaan.

Sejarah cabang olahraga atletik ini diperlombakan pertama kali pada tahun 776 sebelum Masehi. Tadi sempat kita singgung sedikit bahwa atletik ini dapat dikelompokkan menjadi tiga besar dan secara garis besar terbagi menjadi tiga yaitu cabang lari, lompat dan lempar.

Contoh Cabang  Atletik

1. Lari

Cabang lari ternyata masih dipisahkan lagi menjadi beberapa cabang berdasarkan lintasan dan caranya. Jalan cepat juga dimasukkan dalam cabang atletik ini.

  1. Lari jarak pendek. Dalam cabang ini, terdapat beberapa kategori yaitu lari jarak 60, 100, 200 hingga 400 meter.
  2. Lari jarak menengah. Dari pengertian atletik, lomba lari jarak menengah ini terbagi menjadi 3 kategori, jarak 800, 1500 dan 3000 meter.
  3. Lari jarak jauh. Dicabang ini jarak yang akan ditempuh yaitu 5.000 atau 10.000 meter.
  4. Lari berlintang. Jarak tempuh lari berlintang hanya 300 meter, namun harus melalui rintangan yang telah ditentukan.
  5. Lari halang rintang. Lari ini akan dipisahkan berdasarkan kategori jenis kelamin, untuk wanita lari halang rintang berjarak 100 meter, dan pria 400 meter.
  6. Lari estafet. Kategori lomba atletik yang satu ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu 4×100 meter estafet, 4×200 meter estafet, 4×400 meter estafet, 4×800 meter estafet.
  7. Jalan cepat. yang biasa diperlombakan adalah jalan cepat berjarak 10, 20 dan 50 kilometer.
  8. Cabang lempar

Dalam cabang olahraga lempar ini ternyata mempunyai beberapa cabang perlombaan, yaitu tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram dan lempar peluru.

2. Cabang lompat

Sama seperti lari dan lempar, lompat juga mempunyai cabang seperti lompat jauh, lompat tinggi, lompat ganda dan lompat galah.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian atletik dan cabangnya yang dapat anda ketahui. Kita jangan hanya mengetahui artinya saja, tapi juga cabang-cabangnya yang sering dilombakan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda, terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Atletik Beserta Cabangnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: