Pengertian Atlas, Fungsi, Macam-Macam dan Ciri-Cirinya

Definisi dari atlas adalah kumpulan peta yang kemudian disatukan dalam bentuk sebuah buku. Pada awal penerbitannya, buku yang berisi kumpulan peta-peta ini sendiri belum dinamakan demikian hingga pada tahun 1595, penggunaan istilah atlas untuk kumpulan peta ini mulai digunakan yaitu pada saat Gerardus Mercator menerbitkan salah satu karyanya dengan judul “atlas”. Atlas sendiri pada umumnya memuat informasi-informasi tentang batas negara, geografi, statistik geopolitik, ekonomi, sosial dan agama. Selain dalam bentuk buku, atlas juga ditemukan dalam bentuk sebuah multimedia. Jadi, secara lebih luas pengertian atlas adalah kumpulan peta-peta yang disatukan dalam model buku dan berisikan informasi tentang geografi, tentang batas-batas negara, statistik geopolitik, ekonomi, sosial dan agama.

Fungsi Atlas

Secara umum, Atlas memiliki beberapa fungsi sebagai berikut yaitu sebagai penunjuk lokasi dalam pemetaan wilayah, memberikan informasi tentang posisi, letak dan luas suatu wilayah, serta menunjukkan relief-relief berupa penampakan bumi di suatu wilayah.

Macam-Macam Atlas

Berdasarkan jenisnya, Atlas dibedakan atas 3 macam yaitu atlas umum, atlas khusus dan atlas semesta. Pengertian atlas umum sendiri adalah atlas yang memuat informasi secara umum mengenai kenampakan geografi di atas permukaan bumi. Sedangkan pengertian atlas khusus adalah atlas yang hanya berisikan satu jenis informasi sesuai dengan judulnya. Sementara atlas semesta memberikan informasi tentang keadaan alam semesta yaitu yang terkait dengan tata surya, perbintangan, galaksi dan peredaran benda-benda di angkasa.

Syarat Atau Ciri-Ciri Atlas Yang Baik

Selain pengertian atlas beserta fungsi dan macamnya, informasi tentang syarat atlas yang baik juga penting diketahui. Atlas yang baik dan benar itu memiliki beberapa syarat atau ciri yang di antaranya adalah mencakup beberapa hal seperti judulnya yang memang mencerminkan isi dari atlas tersebut. Kemudian atlas yang baik juga memiliki daftar isi sehingga memudahkan pencarian, dan terdapat judul tersendiri di setiap halaman yang berisikan peta.

Selain itu, atlas yang baik juga menggunakan tata warna pada peta-peta umum yang disesuaikan dengan simbol-simbol yang ada, lalu di halaman depan mencantumkan legenda peta dengan penjelasan mengenai arti dari simbol-simbol di dalam atlas. Terakhir, di halaman akhir memuat indeks berisikan nama-nama terkait yang ada dalam peta. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Atlas, Fungsi, Macam-Macam dan Ciri-Cirinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: