Pengertian Asuransi Beserta Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Menilik dari definisi asuransi, kata asuransi itu berasal dari bahasa inggris Insurance yang berarti pertanggungan. Istilah asuransi ini biasa digunakan dalam sebuah perjanjian dengan pihak perusahaan asuransi mengenai pembayaran dan pertanggungan kerugian yang mungkin akan terjadi pada masa yang akan datang. Jadi, pengertian asuransi ini bisa dijabarkan sebagai suatu perjanjian antara nasabah atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung. Dalam perjanjian ini, pihak tertanggung sepakat mengenai pembayaran yang disebut premi dan pihak penanggung akan bersedia menanggung sejumlah biaya kerugian yang mungkin saja terjadi di masa datang. Premi sendiri merupakan uang tertanggung yang dikeluarkan sebagai imbalan untuk penanggung.

Fungsi Asuransi

Asuransi memiliki fungsi utama sebagai mekanisme pengalihan resiko yaitu mengalihkan resiko dari suatu pihak ke pihak lain atau dari yang tertanggung kepada pihak penanggung. Jadi, seperti dalam pengertian asuransi tadi, pada dasarnya asuransi ini mengalihkan resiko yang mungkin terjadi di masa datang kepada pihak lain yaitu pihak penanggung yang dalam hal ini perusahaan asuransi tersebut.

Jenis-Jenis Asuransi

Ada beberapa jenis asuransi yang dikelompokkan oleh pihak asuransi sesuai dengan resiko dan fokusnya. Yang pertama adalah asuransi jiwa. Pengertian asuransi jiwa ini adalah asuransi yang diberikan untuk orang yang ditunjuk setelah Kematian pihak tertanggung.

Kemudian ada asuransi kesehatan yang menanggung biaya perawatan tertanggung yang mengalami masalah kesehatan akibat penyakit. Lalu ada asuransi kendaraan yang menanggung akan cedera atau kerusakan orang lain yang disebabkan dari kendaraan tertanggung. Asuransi kendaraan ini juga bisa menanggung kerusakan atau kehilangan kendaraan tertanggung.

Selain itu, ada juga jenis asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi satu ini digunakan untuk melindungi si pemilik rumah dari kemungkinan kerugian yang terkait dengan rumah mereka seperti kehilangan atau kerusakan yang termasuk barang-barang tertentu yang memang milik pribadi. Akibat kebakaran misalnya.

Jenis asuransi terakhir adalah asuransi pendidikan. Pengertian asuransi yang satu ini merupakan asuransi yang menanggung biaya pendidikan seseorang. Asuransi satu ini paling populer dan biasanya para orang tua mengasuransikan atas anak mereka untuk menjamin pendidikan mereka. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Asuransi Beserta Fungsi Dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: