Pengertian Assessment, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian assessment atau penilaian ini bisa disebut sebagai penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk memperoleh beragam informasi mengenai hasil belajar dan ketercapaian kompetensi dari peserta didik. Pada dasarnya, assessment merupakan istilah lain dari kata penilaian. Istilah Assessment atau penilaian sendiri sangat dekat dengan istilah evaluasi yang merupakan metode untuk mengetahui hasil belajar siswa. Jadi, proses assessment ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sebaik apa prestasi belajar dari para peserta didik.

Fungsi Assessment

Dalam suatu kegiatan belajar mengajar, assessment atau penilaian ini memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan assessment memiliki 2 fungsi yaitu fungsi formatif dan fungsi sumatif.

Fungsi formatif dimana assessment digunakan untuk memberikan feedback atau umpan balik kepada para guru untuk dijadikan dasar dalam memperbaiki dan membenahi proses pembelajaran serta mengadakan remedial untuk para peserta didik.

Sementara fungsi sumatif assessment adalah untuk menentukan nilai hasil belajar siswa dalam satu mata pelajaran tertentu sehingga kemudian dapat dijadikan bahan dalam pemberian laporan, penentuan kenaikan kelas dan juga penentuan lulus atau tidaknya siswa.

Jenis-Jenis Assessment

Ada beberapa jenis assessment yang biasa digunakan, diantaranya adalah Tes Tertulis yang diberikan kepada para siswa untuk menjawabnya. Kemudian ada jenis Performance Assessment. pengertian assessment yang satu ini adalah assessment yang meminta para peserta untuk mendemonstrasikan sekaligus mengaplikasikan pengetahuan dalam berbagai konteks yang diinginkan.

Lalu ada jenis Penilaian Portofolio dan Penilaian Proyek. Penilaian Proyek ini merupakan tugas berupa sebuah investigasi mulai dari pengumpulan kemudian pengorganisasian dan pengevaluasian sampai dengan penyajian data.

Selain itu ada juga jenis assessment berupa Product Assessment dan Self Assessment. Pengertian Product Assessment ini merupakan penilaian ketrampilan melalui pembuatan suatu produk tertentu.

Sedangkan Self Assessment dilakukan sendiri oleh siswa atau guru bersangkutan untuk keperluan pengelolaan KBM di tingkat kelas. Terakhir, jenis assessment juga bisa berupa penilaian sikap dan penilaian berbasis kelas. Sekian pengertian assessment beserta fungsi dan jenis-jenisnya. semoga bermanfaat

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: