Pengertian Aset Dan Jenis-Jenisnya

Dalam akuntansi, pengertian aset atau aktiva adalah seluruh kekayaan milik suatu perusahaan. Kekayaan disini sendiri bermaksud pada sumber daya ,baik berupa benda ataupun hak kuasa yang mana hal itu diperoleh dari suatu peristiwa yang terjadi di masa lalu dan dimaksudkan agar menjadi manfaat di masa mendatang. Sebelum bisa diakui sebagai aset atau aktiva, sumber daya ini terlebih dahulu harus dapat diukur dengan satuan mata uang,baik itu rupiah, dollar ataupun dengan mata uang yang lainnya.

Jadi, dalam pengertian aktiva, kekayaan ini harus dinilai dulu dengan mata uang, baru bisa disebut sebagai aset atau aktiva. Contohnya,persediaan barang dalam perusahaan harus diukur berapa rupiah nilai barang tersebut, bukan dihitung dari segi kuantitas ataupun berat barangnya.

Jenis-Jenis Aset

Dalam pengertian aset, aset digolongkan dalam 2 jenis yaitu aset lancar dan aset tidak lancar. Aset lancar merupakan aset paling likuid atau aset yang paling cepat untuk diubah ke dalam uang tunai (kas). Siklus dan masa manfaat dari aset lancar ini cukup singkat, yaitu hanya berkisar satu tahun.

Baca juga : Pengertian Akuntansi Syariah dan Prinsip-Prinsipnya

Dan karena siklus yang cenderung cepat ini, maka aset yang sebelumnya otomatis akan habis dengan cepat lalu kemudian tergantikan dengan aset lainnya. Beberapa contoh yang termasuk dalam aset lancar ini adalah kas, investasi jangka pendek, persediaan, wesel tagih, piutang usaha, perlengkapan di tangan, beban yang dibayar di muka dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jenis aset tidak lancar terbagi lagi menjadi aset tetap, investasi jangka panjang dan juga aset tak berwujud. Berkebalikan dengan aset lancar, aset tidak lancar ini memiliki siklus dan masa manfaat yang lebih lama (lebih dari 1 tahun). Pengertian aset tetap sendiri adalah aset yang berwujud dan dimanfaatkan dalam kegiatan produksi dan juga jasa perusahaan secara kontinu.

Sedangkan investasi jangka panjang merupakan seluruh investasi yang dilakukan perusahaan dengan jangka panjang. Sementara aset tak berwujud adalah aset tak tampak namun memiliki manfaat untuk perusahaan. Sekian penjelasan mengenai pengertian aset dan juga jenis-jenisnya. semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Aset Dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: