Pengertian ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) Sejarah dan Tujuan

Pengertian asean adalah merupakan suatu organisasi yang yang tergabung atau terdiri dari Negara-negara yang terletak dikawasan Asia Tenggara. Pada awal terbentuknya organisasi asean ini, hanya 5 anggota yang bergabung dengan organisasi ini. Namun demikian seiring dengan berjalannya waktu Negara-negara lain yang terletak di kawasan Asia Tenggara kemudian ikut juga bergabung dengan ASEAN.

Adapun Negara-negara yang terletak di Asia tenggara yang tergabung dalam ASEAN ialah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam dan anggota terakhir yang tergabung dalam ASEAN ialah Timor Leste. Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina merupakan anggota pertama yang tergabung dalam organisasi ASEAN. Tujuan atau maksud dibentuknya organisasi asean ini tidak lain dan tidak bukan berawal dari persamaan nasib antar semua anggota pendirinya.

Sejarah ASEAN

Setelah mengetahui mengenai pengertian ASEAN, kita akan berlanjut untuk membahas sejarah ASEAN. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraph sebelumnya bahwa ASEAN merupakan suatu wadah yang menghimpun berbagai Negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Dan organisasi ini awalnya didirikan tepatnya pada tanggal 8 Agustus tahun 1967 dan untuk tempatnya di kota Bangkok, Thailand.

Pada pertemuan tersebut juga dikenal dengan nama deklarasi Bangkok. Pada deklarasi tersebut diikuti oleh lima Negara pendiri ASEAN yang diwakilkan oleh setiap utusan pada masing-masing Negara. Beberapa utusan yang hadir dalam deklarasi tersebut ialah Adam Malik dari Indonesia, S Rajaratnam dari Singapura, Tun Abdul Razak dari Malaysia, Narciso Ramos dari Filipina dan Thanat Khoman dari Thailand.

Tujuan ASEAN

Selain pengertian ASEAN, dalam artikel ini juga akan dijelaskan mengenai tujuan dari dibentuknya ASEAN dan tujuan dari organisasi tersebut ialah sebagai wadah untuk mempercepat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi, dan kemajuan social serta perkembangan budaya dalam kawasan Negara ASEAN.

Tujuan tersebut dicapai melalui usaha yang dijalankan dalam semangat kebersamaan dan kesetaraan. Selain itu, ASEAN dibentuk juga dalam rangka memperkuat pondasi untuk perdamaian serta kesejahteraan Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: