Asbabun Nuzul, Pengertian, Macam-Macamnya, Fungsi Dan Manfaatnya

Dari segi bahasa, pengertian asbabun nuzul itu bisa diketahui dari 2 kata dari bahasa Arab yang membentuknya yaitu asbabun dan nuzul. Asbabun adalah jamak dari sababun yang artinya sebab atau karena. Sementara Nuzul dari kata nazala memiliki arti turun. Jadi, pengertian dari asbabun nuzul adalah sebab-sebab turunnya, dalam hal ini adalah turunnya ayat al Quran. Adapun secara istilah syara’, arti dari asbabun nuzul itu adalah suatu hal, baik sebuah peristiwa atau pertanyaan, di mana karena hal itu ayat Al Quran diturunkan sebagai penjelas mengenai suatu hukum pada saat hal tersebut terjadi. Jadi, pada kesimpulannya, asbabun nuzul itu berkisar dalam 2 hal yakni saat suatu peristiwa terjadi, maka diturunkanlah ayat Al Quran tentang peristiwa tersebut. Kemudian yang kedua saat Rasulullah SAW ditanya mengenai suatu hal, ayat Al Quran diturunkan sebagai penerang atau penjelas hukumnya.

Macam-Macam Asbabun Nuzul

Terkait dalam penjelasan pengertian asbabun nuzul tadi, asbabun nuzul terjadi dalam 2 macam bentuk yaitu dalam bentuk peristiwa dan pertanyaan. Asbabun nuzul dengan bentuk peristiwa ini terjadi pada 3 macam peristiwa yaitu peristiwa yang berupa pertengkaran atau perselisihan, peristiwa yang berupa sebuah kesalahan serius dan peristiwa yang berupa keinginan dan cita-cita. Contohnya seperti yang terjadi pada peristiwa sebuah kesalahan di mana seseorang dalam kondisi mabuk mengimami jama’ah shalat sehingga ia membuat kesalahan saat membaca surah al-kaafirun. Lalu turunlah ayat 43 dari surah an-Nisa’ yang artinya “wahai orang-orang beriman, jangan dekati shalat saat Anda dalam kondisi mabuk sampai Anda mengerti dengan yang Anda ucapkan”.

Sementara pengertian asbabun nuzul dalam bentuk pertanyaan ini adalah terjadi saat Rasulullah mendapatkan pertanyaan yang berkisar pada 3 macam pertanyaan yaitu tentang sesuatu yang sudah berlalu, tentang sesuatu yang terjadi pada saat itu dan pertanyaan tentang sesuatu mengenai hal yang akan datang.

Fungsi Dan Manfaat Adanya Asbabun Nuzul

Adanya asbabun nuzul sendiri sangat bermanfaat untuk memahami isi ayat Al Quran, mengetahui hikmah di balik suatu hukum, menentukan suatu hukum, menegaskan suatu hukum tanpa keragu-raguan dan lain sebagainya. sekian pengertian asbabun nuzul beserta macam-macam dan manfaatnya. Semoga bermanfaat

Cari Artikel di Sini


Asbabun Nuzul, Pengertian, Macam-Macamnya, Fungsi Dan Manfaatnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: