Pengertian Arsitektur Dan Macam-Macam Gaya Arsitektur

Secara umum, pengertian arsitektur adalah sebuah seni di mana seni ini dilakukan setiap individual dengan imajinasi diri mereka dan merupakan sebuah ilmu dalam perancangan bangunan. Dalam arti arsitektur yang lebih luas, ia mencakup perancangan sekaligus pembangunan pada keseluruhan lingkungan binaan, dari yang level makro yakni perancangan sebuah kota, perkotaan, arsitektur lanskap hingga pada level mikro yakni desain bangunan, perabot dan produk.

Dan hasil-hasil dari proses perancangan tersebut juga masih tercakup dalam ruang lingkup arsitektur. Jadi, arsitektur ini merupakan bentuk ekspresi paling tinggi yang ada dalam pikiran seseorang di mana di dalam desainnya terdapat sebuah semangat, kesetiaan, nilai kemanusiaan dan juga keyakinan.

Macam-Macam Gaya Arsitektur

Arsitektur memiliki beberapa konsep atau gaya yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dan beberapa di antaranya sangat populer digunakan di dunia, khususnya di Indonesia sendiri. Bahkan saking populernya, beberapa arsitek berusaha mencoba untuk mengkreasikan kombinasi dari gaya-gaya arsitek tersebut.

Lalu apa saja gaya arsitek tersebut? Yang pertama adalah gaya mediterania. Dalam pengertian arsitektur, gaya mediterania ini mengacu pada gaya atau konsep bangunan milik Kerajaan Eropa pada tahun 80an dengan ciri bangunan yang memiliki pilar-pilar besar, lengkungan dan juga ornamen hiasan pada dindingnya. Konsep satu ini memang memiliki sisi kemewahan yang menonjol sehingga sangat cocok bagi anda yang menyukai kemewahan dengan unsur elegan.

Kemudian gaya yang kedua adalah gaya oriental. Pengertian arsitektur bergaya oriental sendiri merupakan konsep yang memiliki sisi menaik pada keragaman ornamennya. Seperti misalnya ukiran kayu di dinding, ornamen-ornamen berbentuk guci, lukisan dan lain sebagainya. bahkan pewarnaan interiornya juga memberikan kesan yang sangat oriental dengan pola kombinasi merah, kuning dan juga warna-warna netral.

Berikutnya adalah gaya kontemporer yang dalam pengertian arsitektur memiliki aspek keunikan yang sangat berbeda atau di luar mainstream. Untuk itu, gaya ini lebih banyak bermain pada tekstur material dan pengaturan warnanya. Selain itu, gaya minimalis dan gaya modern juga masuk dalam daftar gaya arsitektur yang populer, khususnya di Indonesia. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Arsitektur Dan Macam-Macam Gaya Arsitektur | Admin | 4.5
%d bloggers like this: