Pengertian Apresiasi , Fungsi Dan Tujuannya

Dari segi bahasa pengertian apresiasi berarti penilaian pada sesuatu, nilai, keindahan, mengahayati. Apresiasi adalah sebuah proses dalam menilai atau menghargai dengan positif yang akan diberikan kepada objek yang mempunyai karya. Sedangkan karya sendiri berarti sebuah kegiatan dari kreatifitas manusia yang membuahkan hasil. Jadi dari sini Anda bisa mengerti bahwa penilaian yang ada dalam apresisasi bisa berupa mendengar, melihat, menghayati, menjiwai, menikmati dan nantinya Anda bisa membandingkan mana yang terbaik dari seni-seni yang telah ada.

Fungsi Apresiasi

Beberapa fungsi yang bisa Anda ketahui, selain bisa mengapresiasikan sebuah karya dan beberapa fungsi diantaranya hal ini akan mampu menjadikan sebuah sarana dalam meningkatkan rasa kebanggaan diri dan cinta kepada tanah air serta anak bangsa, sebagai sarana untuk mampu menilai, menikmati, empati bahkan ini bisa menjadi edukasi bagi anak indonesia,dan sebagai sarana yang bisa mengembangkan kemampuan.

Dan selain hal diatas, pengertian apresiasi akan lebih kepada hubungan timbal balik dari hal yang positif yang menilai karya seni dan si pembuat karya seni. Dari ini akan ada interaksi sosial dimana penikmat seni bisa menjual seni atau bahkan belajar mengenai seni yang ada. Sehingga ilmu menjadi menyebar dan tidak hanya berhenti pada pemilik seni itu sendiri.

Tujuan Serta Manfaat Apresiasi

Apresiasi seni memanglah bermanfaat bagi negeri atau bangsa yang sedang berkembang apalagi indonesia. Secara tidak langsung Anda bangga dengan karya dan seni orang lain. Dan mengenai tujuan dari adanya apresiasi agar publik mengerti seni dan karya itu indah, bermanfaat, dan mampu menilai. Tujuan dari apresiasi seni seperti mampu mengevaluasi dan juga mengembangkan nilai dan keindahan sebuah seni, mengembangkan imajinasi dan kreasi anak bangsa, mampu menyempurnakan ilmu karya seni pada diri.

Jenis Apresiasi

Pengertian apresiasi dalam seni terbagi menjadi 2 hal, apresiasi pasif merupakan apresiasi yang dilakukan pada seseorang belum mengerti (awam), akan tetapi dirinya memiliki niat dan minat yang kuat ingin belajar. Dan kedua apresiasi aktif apresiasi yang ada ketika Anda sudah menilai seni orang lain.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Apresiasi , Fungsi Dan Tujuannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: