Pengertian APBD, Fungsi Dan Penyusunan

Pengertian APBD merupakan sistem keuangan yang pada setiap tahunnya sangat jelas dibahas dan disepakati bersama dalam pemerintahan daerah (DPRD). Dan hal ini sudah ditetapkan pada Permendagri No.13 Tahun 2006, maka dengan begitu APBD adalah sebuah tempat yang bisa menampung mengenai berita publik dan nantinya akan ada kegiatan-kegiatan yang akan menjadi bermanfaat dan berdampak pada masyarakat setempat.

Mungkin akan lebih mudah jika APBD jika diartikan sebagai pelayanan dalam meningkatkan kesejahteraan dalam bermasyarakat sehingga akan membentuk sistem yang terstruktur untuk mewujudkan cita-cita daerah yang damai. Dan dalam hal tersebut akan ada beberapa rencana yang akan lari kepada anggaran-anggaran baiknya bagaimana dalam mengatasi masalah didalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga akan menghasilkan suatu hal yang akan tercapai.

Fungi Dari APBD

Didalam peraturan yang sudah ada, fungsi dari APBD adalah ada beberapa macam seperti fungsi otorisasi yang akan berarti anggaran setiap daerah yang menjadi dasar adanya pendapatan daerah. Fungsi perencanaan, ini yang menjadi pedoman untuk memanajemen dalam kegiatan yang berlangsung.

Fungsi pengawasan, yang menilai kegiatan sudah terselenggara dengan baik atau belum dan sesuai dengan kesepakatan bersama. Fungsi alokasi, berguna untuk menciptakan adanya lowongan pekerjaan baru sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran. Fungsi distribusi, akan berdampak pada keadilan. Fungsi stabilistasi, berupa anggaran alat yang nantinya akan memelihara serta mengupayakan apa yang telah diusahakan.

Tujuan Adanya APBD

APBD disusun karena menjadi sebuah pedoman demi terselenggaranya pelaksanaan otonomi yang ada di daerah, dan ini akan berdampak pada masyarakat sendiri mulai dari meningkatkan ekonomi, kemakmuran, mengurangi pengangguran, mengurangi pemborosan pada sdm dan penyelewengan.

Penyusunan APBD

Pemerintah daerah akan menyusun mengenai pendapatan dan belanja per daerah, RAPBD (rancangan pendapatan dan belanja daerah) yang sudah disetujui oleh DPRD maka secara sah menjadi APBD dan berdasarkan peraturan daerah masing-masing dan harus terlaksana dengan baik. Dari sini APBD sangatlah penting adanya APBD didalam daerah karena akan berguna bagi masyarakat karena ini merupakan sebagian dari upaya pemerintah.

Cari Artikel di Sini


Pengertian APBD, Fungsi Dan Penyusunan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: