Pengertian Angkatan Kerja Dan Macam-Macamnya, Terlengkap!

Pernahkah anda mendengar angkatan kerja? Pengertian angkatan kerja adalah penduduk yang telah memasuki usia kerja. Baik seseorang itu telah bekerja, belum bekerja atau sedang mencari pekerjaan. Berdasarkan ketentuan pemerintah Indonesia, penduduk yang telah berusia minimal 15 tahun hingga 65 tahun termasuk penduduk yang sudah memasuki usia kerja.

Namun perlu diperhatikan bahwasanya tidak semua penduduk yang memasuki usia kerja termasuk angkatan kerja. Hal tersebut disebabkan karena penduduk yang tidak aktif dalam kegiatan ekonomi, tidak termasuk dalam kelompok angkatan kerja. Misalnya saja ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa dst.

Macam-Macam Tenaga Kerja

Pengertian tenaga kerja hampir sama dengan pengertian angkatan kerja, tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan untuk menghasilkan barang dan jasa, baik itu sebagai pemenuh kebutuhan sendiri ataupun masyarakat.

Jadi dapat dikatakan bahwa angkatan kerja yang aktif dalam kegiatan ekonomi dikenal dengan tenaga kerja. Macam-macam tenaga kerja ini secara umum terbagi menjadi dua, yakni tenaga kerja jasmani dan rohani. Untuk tenaga jasmani terbagi lagi menjadi tiga yakni tenaga kerja terdidik, terlatih dan tidak terdidik serta tidak terlatih.

  1. Tenaga kerja terdidik yaitu tenaga kerja yang memerlukan jenjang pendidikan tinggi, seperti dokter, insinyur, guru, dll.
  2. Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang membutuhkan pelatihan dan pengalaman, misalnya saja sopir, montir dsb.
  3. Sedangkan tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih ialah tenaga kerja yang tidak memerlukan pendidikan ataupun pelatihan terlebih dahulu. contohnya seperti tukang sapu, tukang sampah dll.

Kesempatan kerja

Untuk berperan aktif dalam sebuah kegiatan ekonomi, tentunya arti angkatan kerja membutuhkan kesempatan kerja agar menjadi tenaga kerja. Adapun pengertian dari kesempatan kerja itu sendiri ialah memanfaatkan sumber daya manusia untuk menghasilkan barang dan jasa.

Semakin meningkatnya pembangunan, maka semakin meningkat pula kesempatan kerja yang tersedia. Tentu membuat kebutuhan akan lowongan pekerjaan (kesempatan kerja) semakin terbuka lebar.

Dari ulasan ini rasanya sudah jelas bukan bahwa pengertian angakatan kerja sangat berhubungan dengan tenaga kerja dan kesempatan kerja. Bila ketiganya dapat bergerak dengan baik, maka kegiatan ekonomi semakin aktif dan angka pengangguran menurun.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Angkatan Kerja Dan Macam-Macamnya, Terlengkap! | Admin | 4.5
%d bloggers like this: