Pengertian Anekdot, Ciri-Ciri Dan Strukturnya

Pengertian anekdot merupakan sebuah karangan cerita yang berdasarkan pengalaman hidup seseorang. Ceritanya ditulis secara singkat, pendek dan juga lucu. Mencakup berbagai macam topik. Bisa masalah politik, pendidikan, hukum, kritikan dan masih banyak lainnya. Sebagian besar cerita anekdot merupakan kisah lucu yang memberikan pesan moral bagi para pembacanya. Jadi bukan hanya sebuah cerita lucu tanpa kebenaran dan tanpa pesan moral sama sekali.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

Supaya lebih memahaminya, anda harus paham tentang ciri-ciri dari teks anekdot itu sendiri. Sehingga bisa tahu cerita mana yang termaksud anekdot. Berikut ini ciri-cirinya.

  1. Bersifat lelucon atau humoris. Bercerita tentang cerita yang lucu
  2. Memiliki sifat menggelitik, berarti ketika dibaca oleh pembaca harus mengelitik dan menghibur
  3. Ceritanya bersifat menyendiri dan bisa jadi menyindir orang penting, misalnya pejabat
  4. Cerita ditulis untuk tujuan tertentu.
  5. Ceritanya mirip dengan membuat sebuah dongeng
  6. Bisa menceritakan tentang manusia atau hewan yang berhubungan dengan realistis sehari-hari

Struktur Teks Anekdot

Dari pengertian anekdot, anda juga harus paham seperti apa struktur dari teks anekdot terlebih dahulu. Sehingga membentuk cerita yang menarik. Pada awal paragraf anda menuliskan gambaran awal dari cerita tersebut. Kemudian ada orientasi yang berisi tentang latarbelakang dari awal mulanya cerita tersebut. Ada yang namanya struktur event yang berisi rangkaian peristiwa dari teks tersebut. Ada pula yang namanya kris. Dibagian ini permasalahan dalam cerita mulai muncul.

Reaksi menggambarkan langkah penyelesaian yang harus diambil dalam krisis yang muncul. Bagian koda menceritakan sebuah perubahan yang terjadi dalam tokoh tersebut. Barulah di struktur terakhir ada yang namanya re-orientasi yang menceritakan tentang penutup dari cerita yang sudah anda buat. Jadi ketika membuat cerita anekdot, anda harus membuatnya dengan terstuktur. Tidak boleh asal atau sembarangan. Jika tidak memenuhi struktunya maka tidak bisa disebut sebagai teks anekdot. Itulah sedikit informasi tentang pengertian anekdot. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Anekdot, Ciri-Ciri Dan Strukturnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: