Pengertian Analisis Data Secara Umum dan Macam-Macamnya

Kata analisis berasal dari bahasa Yunani “ana” dan “Lysis”. Ana dalam bahasa Yunani berarti atas dan lysis berarti menghancurkan atau memecahkan. Dari arti kata diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian analisis adalah merupakan sebuah kajian yang mendalam untuk memecahkan suatu persoalan atau permasalahan dalam bidang tertentu. Kata analisis ini biasanya digunakan untuk suatu keadaan dimana seseorang atau kelompok sedang menganalisa suatu data atau kejadian.

Dalam sebuah pengolahan data , pasti seseorang telah akrab dengan kata analisis ini. Analisis data memiliki arti sebuah kegiatan penelaahan penafsiran, pengelompokan dan verifikasi agar sebuah masalah memiliki nilai sosial ilmiah dan akdemis.

Saat seorang melakukan pengamatan data, maka ia akan mengelompokkan sebuah data tersebut kedalam variable yang sama, menampilkan data dari masing-masing variabel, membuat rumusan masalah dan melakukan sebuah hipotesis. seseorang yang melakukan analisis data harus cermat dan teliti saat melakukan kegiatan ini agar mendapat hasil yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Macam-Macam Analisis Data

Untuk dapat mengolah suatu data dengan baik, maka seseorang akan menggunakan cara analisis. Secara garis besar, sebuah analisis terdiri atas dua macam. Jenis analisis tersebut yaitu analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Pengertian analisis deskriptif adalah suatu penelitian yang mencoba untuk mendeskripsikan suatu masalah yang sedang terjadi.

Dalam analisis deskriptif ini menggunakan metode yang berhubungan dengan pengumpulan data, meringkas data, dan menyajikan sebuah data. Analisis yang satu ini memiliki tujuan yaitu untuk memberikan suatu gambaran mengenai sebuah data, sehingga data tersebut mengandung informasi dan mudah untuk dipahami oleh khalayak umum.

Jenis analisis selanjutnya adalah analisis kuantitatif. Pengertian analisis kuantitatif ini adalah sebuah analisis data yang bertujuan untuk memudahkan dalam memahami suatu hal yang terdapat pada data tersebut. Saat analisis kuantitatif, agar hasilnya mudah dipahami, maka pola dari data tersebut diwakili dengan sebuah simbol yang disebut dengan koefisien, notasi dan variasi. Dengan adanya simbol-simbol tersebut, maka analisis kuantitatif ini mudah untuk dipahami.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Analisis Data Secara Umum dan Macam-Macamnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: