Pengertian Amdal Beserta Fungsi Utamanya

kali ini kita akan membahas pengertian amdal. Sebelum kita membahas pengertiannya maka alangkah baiknya jika mengetahui kepanjangan dari amdal itu sendiri. Amdal adalah singkatan dari Analisis Dampak Lingkungan. Pengertian amdal adalah suatu proses dalam studi formal untuk memperkirakan dampak lingkungan atau rencana kegiatan proyek dengan bertujuan memastikan adanya masalah dampak lingkungan yang dianalisis pada tahap perencanaan dan perancangan proyek sebagai pertimbangan untuk membuat suatu keputusan.

Pengertian amdal menurut PP. No 27 tahun 1999 adalah kajian atas dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan.

Fungsi Amdal

Adapun fungsi amdal itu sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai bahan pertimbangan untuk perencanaan pembangunan suatu wilayah
  2. Membantu dalam proses pengambilan keputusan atas kelayakan sebuah lingkungan hidup dari rencana usaha atau kegiatan tertentu.
  3. Membantu memberikan masukan dalam rangka menyusun sebuah rancangan yang terperinci dari suatu rencana atau kegiatan.
  4. Membantu memberikan masukan dalam suatu proses penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.
  5. Membantu memberikan informasi terhadap masyarakat tentang dampak-dampak yang mungkin ditimbulkan dari suatu rencana usaha atau kegiatan.
  6. Sebagai rekomendasi utama untuk sebuah izin usaha
  7. Izin kelayakan Lingkungan

Manfaat Amdal

Manfaat amdal antara lain :

1. Untuk Pemerintah

Amdal dapat membantu proses perencanaan untuk mencegah pencemaran dan kerusakan yang terjadi pada lingkungan. amdal dapat mencegah konflik yang terjadi dengan masyarakat terhadap dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan usaha.

2. Pemrakarsa atau pelaksana usaha

Amdal dapat membantu membuat usaha dan kegiatan menjadi lebih terjamin dan aman. Amdal dapat dijadikan sebagai referensi untuk pengajuan kredit atau hutang usaha di bank. Dapat dijadikan sebagai sarana dalam membantu interaksi dengan masyarakat sekitar sebagai bukti dan ketaatan terhadap hukum.

3. Amdal bagi Masyarakat

Amdal dapat menjelaskan kepada masyarakat mengenai dampak yang terjadi kedepannya setelah usaha atau kegiatan. Masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan suatu kegiatan dan mengontrol kegiatan

Setelah mengetahui pengertian amdal, manfaat, dan tujuan amdal, maka anda akan mengetahui semuanya. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu anda dan bermanfaat bagi anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: