Pengertian Amanat, Macam-Macam, Ciri-Cirinya

Pengertian amanat adalah sebuah pesan moral dalam sebuah cerita atau karya lainnya yang ingin disampaikan oleh si penulis atau pengarang kepada para pembacanya. Untuk itu, amanat sering juga disebut dengan pesan, pesan moral dari pengarang untuk pembaca. Pesan moral ini umumnya berupa nilai-nilai baik yang bisa dijadikan teladan atau contoh bagi para pembaca. Pada umumnya, pesan atau amanat ini dapat ditelusuri lewat percakapan dari para tokoh dalam cerita tersebut. Menurut Waluyo (2006:29), jika tema memiliki kaitan dengan arti, maka sebuah amanat itu memiliki kaitannya dengan makna. Kemudian jika tema memiliki sifat yang sangat lugas, khusus dan objektif, maka amanat itu memiliki sifat kias, umum, dan subjektif.

Macam-Macam Amanat

Dalam sebuah karya tulisan yang dibuat, amanat atau pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang tersebut pada dasarnya tidak selalu jelas (tersurat), akan tetapi juga bisa bersifat tersembunyi (tersirat).

Untuk itu, dalam hal ini ada 2 macam amanat yang perlu kita ketahui yaitu amanat tersurat dan amanat tersirat. Atau dalam istilah lain, amanat atau pesan ini dapat disampaikan secara implisit ataupun secara eksplisit.

Pengertian amanat tersurat sendiri adalah amanat atau pesan yang secara jelas atau eksplisit dijabarkan melalui kata-kata dalam sebuah tulisan.

Sedangkan pengertian amanat tersirat sendiri adalah kebalikan dari amanat tersurat yaitu amanat atau pesan yang dengan sengaja tidak dijabarkan secara tertulis dalam sebuah karya, akan tetapi pesan ini bisa diketahui oleh pembaca dari alur cerita yang ada dalam tulisan tersebut. Jadi, amanat tersirat ini bersifat implisit atau tersembunyi namun tetap bisa diketahui dari jalan ceritanya.

Ciri-Ciri Amanat

Untuk mengetahui dan menentukan sebuah amanat atau pesan, ada beberapa ciri amanat yang bisa kamu perhatikan. Ciri-ciri amanat ini diantaranya adalah biasanya terdapat di akhir cerita dimana pengarang ingin menyampaikan pesan moral melalui tingkah laku dari tokoh.

Atau ciri-ciri amanat ini juga bisa diketahui secara eksplisit atau jelas yang biasanya berupa seruan, nasehat, peringatan, saran, anjuran, ataupun larangan yang berkaitan dengan ide utama cerita. Sekian ulasan pengertian amanat, macam-macam dan cirinya. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: