Pengertian Umum Algoritma, dan 3 Bentuk Dasarnya

Pengertian algoritma adalah suatu urutan dari beberapa langkah logis guna menyelesaikan masalah. Jadi ketika kita mempunyai masalah, maka kita harus dapat menyelesaikannya menggunakan langkah-langkah logis. Dalam ilmu matematika dan komputer, algoritma merupakan prosedur dari beberapa langkah demi langkah untuk perhitungan, penalaran otomatis dan pemproses data.

Jadi dapat dikatakan bahwa algoritma yaitu sebuah metode efektif yang diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari beberapa instruksi yang telah dijelaskan secara baik, untuk menghitung sebuah fungsi. Algoritma berbeda dengan logaritma, logaritma merupakan sebuah operasi di ilmu matematika yang digunakan menghitung kebalikan eksponen dari sebuah perpangkatan.

Bentuk Dasar Algoritma

Sekali lagi ditegaskan bahwa pengertian algoritma dan esensinya berbeda dengan logaritma. Algoritma sendiri mempunyai tiga bentuk dasar, antara lain.

1. Algoritma sekuensial

Sequence algorithm atau algoritma sekuensial adalah algoritma yang langkah-langkahnya secara urut dari awal hingga akhir. Contoh algoritma memasak air, semua harus dilakukan secara urut, jika tidak tidak akan berhasil.

2. Algoritma perulangan

Looping algorithm atau yang dikenal juga dengan algoritma perualangan merupakan suatu algoritma yang menjalankan beberapa langkah tertentu saja secara berulang kali ata looping. Cara ini sering sekali kita hadapi dan harus dilakukan berulang kali demi tercapainya keberhasilan. Sebagai contoh algoritma looping dalam menjemur baju. Pertama siapkan jemuran, peras pakaian, letakkan pakaian pada jemuran, ulangi langkah hingga jemuran habis.

3. Algoritma percabangan atau bersyarat

Condotional alogrithm atau bentuk dasar algoritma bersyarat adalah algoritma yang menjalankan langkah berikutnya bila terdapat syarat yang telah dipenuhi. Bila langkah ini ada yang belum terpenuhi maka algoritma belum tercapai keberhasilannya. Contohnya dalam memasak air, masukkan air dalam panci, letakkan air diatas kompor, tutup panci, hidupkan kompor, jika sudah mendidih matikan kompor dan angkat panci. Disini terdapat algoritma bersyarat, dengan syarat air telah mendidih baru matikan kompor, jika belum maka kompor belum dimatikan.

Dari pengertian algoritma dan bentuk dasarnya ini jelas kita membutuhkan pikiran dan langkah yang logis, sehingga algoritma dapat berhasil sempurna. Algoritma ini tidak sesederhana yang dipikirkan, akan sangat rumit bila dipelajari secara mendetail. Yang paling utama adalah algoritma ini sangat diperlukan untuk mengolah data pada komputer.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Umum Algoritma, dan 3 Bentuk Dasarnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: