Pengertian Dan Tujuan Akuntansi Keuangan

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi kepada anda mengenai pengertian dari akuntansi menurut para ahli. Akuntansi keuangan dalam bisnis dan dinamika perusahaan mempunyai peran yang sangat signifikan terutama untuk memberikan sebuah informasi perihal keuangan yang bisa dijadikan dasar dan data pendukung dalam sebuah pengambilan sebuah keputusan yang ada dalam perusahaan. Semakin banyaknya kepentingan, keputusan, dan juga penggunaan informasi mengenai keuangan dalam sebuah perusahaan membuat ilmu akuntansi senantiasa mengalami perkembangan.

Dalam akuntansi, informasi yang diperoleh bukan hanya terbatas pada pelaporan keuangan sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban manajemen saja, namun juga sebagai suatu instrumen yang bisa dijadikan data pendukung dalam pengambilan suatu keputusan yang berguna di masa mendatang dan bisa digunakan untuk peramalan keuntungan atau laba. Secara sederhana, pengertian akuntansi keuangan bisa dituliskan seperti berikut ini, akuntansi keuangan merupakan sebuah alat bantu dalam pengambilan keputusan ekonomi dan juga detail keuangan dalam sebuah perusahaan.

Peranan akuntansi sangat dominan dan sangat mencolok dalam membantu memperlancar tugas manajemen, khususnya yang berkaitan dengan fungsi perencanaan dan pengawasan dalam sebuah entitas bisnis. Untuk selanjutnya kami akan mencoba memberikan informasi yang berkaitan dengan beberapa pengertian akuntansi keuangan dan tujuan akuntansi keuangan yang diperoleh dari beberapa sumber.

Definisi akuntansi keuangan apabila dilihat dari sudut pemakai merupakan sebuah disiplin ilmu yang dipelajari guna menyajikan sebuah informasi yang diperlukan untuk nantinya dipakai untuk melaksanakan dan juga mengevaluasi sebuah kegiatan ekonomi secara efektif dan efisien. Informasi yang dihasilkan dari akuntansi keuangan, pada umumnya dapat digunakan untuk :

  1. Membuat sebuah perencanaa, pengawasan yang efektif dan juga pengambilan sebuah keputusan ekonomi oleh manajemen yang ada dalam suatu perusahaan.
  2. Dapat juga dijadikan sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban manajemen entitas bisnis kepada para pemilik ataupun investor, kreditor, pemerintah, dan juga pihak pihak yang membutuhkan pertanggungjawaban tersebut.

Dari beberapa pengertian akuntansi keuangan yang telah dijabarkan diatas, dapat diambil sebuah kesimpulan yang menyatakan bahwa akuntansi keuangan dijalan dalam suatu entitas bisnis dan merupakan sebuah informasi yang dihasilkan dan berupa informasi keuangan suatu entitas tersebut. Informasi akuntansi juga sering digunakan sebagai dasar dalam sebuah pengambilan keputusan baik itu internal entitas atau manajemen dan juga digunakan untuk pengambilan keputusan oleh pihak ekstern dari sebuah organisasi, baik itu pemilik atau investor, kreditor, serta beberapa pihak eksternal lainnya.

Sedangkan pengertian akuntansi jika dilihat dari sudut proses kegiatan merupakan suatu proses pencatatan, pengklasifikasian atau penggolongan, pelaporan, dan juga penganalisaan sebuah data keuangan dalam suatu entitas atau organisasi maupun perusahaan. Definisi ini memberikan petunjuk bahwa kegiatan akuntansi merupakan tugas yang kompleks dan meliputi berbagai jenis kegiatan, seperti :

  1. Mengidentifikasi data yang berkaitan atau relevan dengan keputusan yang akan diambil.
  2. Memproses maupun menganalisa data data yang relevan.
  3. Mengolah sebuah data menjadi suatu informasi handal yang bisa digunakan untuk pengambilan sebuah keputusan.

Jika disimak, akuntansi keuangan mempunyai beberapa sudut pandang yang menyatakan bahwa akuntansi keuangan merupakan sebuah proses yang terdiri dari pengklasifikasian, pengukuran, dan juga pelaporan informasi ekonomi dimana infromasi tersebut nantinya bisa diharapkan bermanfaat dalam sebuah penilaian dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan sebuah entitas yang bersangkutan. Adapun tujuan utama dari sistem akuntansi keuangan sebenarnya adalah memberikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak yang memiliki kepentingan baik internal maupun eksternal.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: