Pengertian Akuntansi Biaya, Obyek, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Akuntansi biaya adalah salah satu dari beberapa bidang dalam akuntansi yang mengkhususkan diri pada bagian proses, pelacakan, pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi guna menghasilkan barang maupun jasa. Biaya ini didefinisikan sebagai waktu dan juga sumber daya yang dibutuhkan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang.

Menurut seorang ahli bernama Schaum, akuntansi biaya merupakan suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang maupun jasa. Fungsi utama dari adanya akuntansi biaya adalah melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan juga penentuan pendapatan.

OBJEK BIAYA di AKUNTANSI BIAYA

Objek biaya atau tujuan biaya adalah suatu item maupun aktivitas yang biayanya diakumulasikan dan diukur. Aktivitas atau item-item yang dapat menjadi objek biaya adalah :

  1. Produk atau proses.
  2. Batch dari suatu unit sejenis atau departement.
  3. Pesanan pelanggan.
  4. Kontrak proyek, dan
  5. Lini produk.
  6. PENDEKATAN AKUNTANSI BIAYA

Ada tiga macam pendekatan yang dipakai dalam ilmu akuntansi biaya dimana ketiga pendekatan tersebut biasanya digunakan oleh para pengguna sistem akuntansi biaya. Adapun pendekatan akuntansi biaya tersebuta dalah biaya standar (standard costing), biaya berdasarkan kegiatan (activity based costing), dan juga biaya berdasarkan hasil.

MANFAAT AKUNTANSI BIAYA

Akuntansi biaya merupakan salah satu cabang bidang akuntansi yang menjadi alat bagi sebuah manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan. Manfaat yang didapat adalah untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh manajemen dalam rangka mengelola perusahaannya baik itu untuk perencanan, pengendalian laba, penentuan harga pokok produk dan jasa, serta pengambilan keputusan oleh manajemen.

KEKURANGAN AKUNTANSI BIAYA

Sebagai sebuah bidang, tentu akuntansi biaya mempunyai kekurangan dibalik keuntungannya yang informatif. Kekurangan dalam akuntansi biaya biasanya berkaitan dengan sistem akuntansi biaya yang sudah ketinggalan zaman dimana hasil penawaran akan sulit dijelaskan, harga pesaing nampak lebih rendah sehingga nonsense, produk yang sulit diproduksi menunjukkan laba tinggi, marjin laba sulit dijelaskan, serta membutuhkan banyak waktu bagi departement akuntansi untuk mengolah data biaya sebuah proyek khusus.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: