Pengertian Akulturasi, Macam-Macam Dan Bentuk-Bentuknya

Secara umum, pengertian akulturasi adalah sebuah proses yang berwujud hubungan antar 2 kebudayaan berbeda di mana budaya asli dan asing berpadu menjadi satu sampai lambat laun budaya asing tersebut diterima dan kemudian diolah ke dalam budaya asli tanpa menghilangkan unsur-unsur budaya aslinya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa definisi akulturasi adalah perpaduan antar 2 budaya yang berbeda yang lama kelamaan bisa diterima dan diolah menjadi sebuah budaya baru tanpa menghilangkan ciri-ciri dan unsur-unsur asli dari masing-masing budaya.

Proses akulturasi sendiri tidak terjadi dalam waktu singkat, akan tetapi berlangsung dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan oleh proses penyerapan budaya itu sendiri yang harus dilakukan secara selektif dan hati-hati karena ada budaya yang bisa diterima dan ada juga yang tidak.

Macam-Macam Akulturasi

Akulturasi terbagi dalam 2 macam yaitu akulturasi damai dan akulturasi ekstrim. Akulturasi damai atau penetration pasifique adalah sebuah akulturasi yang mana unsur-unsur dari budaya asing ini dibawa dengan cara yang damai dan tanpa paksaan apapun sehingga hal tersebut disambut baik oleh masyarakat penerima budaya.

Sedangkan pengertian akulturasi ekstrim adalah sebaliknya yaitu sebuah perpaduan budaya yang terjadi melalui peperangan, kekerasan, atau penaklukan yang diakibatkan oleh adanya unsur budaya asing dan dipaksakan untuk berada di pihak penerima.

Bentuk-Bentuk Akulturasi

Akulturasi juga memiliki beberapa bentuk yang diantaranya adalah substitusi, adisi, sinkretisme dan juga dekulturasi. Substitusi merupakan bentuk perubahan budaya di mana unsur kebudayaan lama diganti atau diubah mengikuti unsur budaya baru yang dirasa bisa memberikan nilai yang lebih bagi para penggunanya. Sedangkan akulturasi yang berbentuk sinkretisme adalah perubahan budaya di mana kedua unsur budaya lama dan baru bercampur dan membentuk sebuah sistem baru.

Sementara itu, adisi sendiri adalah sebuah perubahan budaya dengan menambah unsur budaya baru pada unsur budaya lama yang memang masih berfungsi dan digunakan sehingga bisa menghasilkan nilai yang lebih. Dan pengertian akulturasi yang berbentuk dekulturasi merupakan perubahan budaya di mana unsur budaya lama telah hilang dan digantikan dengan unsur budaya baru. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Akulturasi, Macam-Macam Dan Bentuk-Bentuknya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: