Pengertian Akuisisi, Jenis Dan Proses Akuisisi

Pengertian akuisisi dapat dijabarkan dengan pembelian sebuah perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan lainnya atau juga suatu kelompok investor. Akuisisi merupakan sebuah istilah serapan dari bahasa Inggris yaitu acquisition yang memiliki arti pengambilalihan. Namun asal dari istilah ini sendiri adalah dari bahasa Latin yaitu acquisitio dari kata kerja acquirere. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti akuisisi sendiri adalah pemindahan kepemilikan suatu perusahaan atau aset. Aktivitas akuisisi ini biasanya dilakukan guna menjaga ketersediaan akan pasokan bahan-bahan baku atau juga sebagai jaminan produk yang akan diserap pasar.

Jenis-Jenis Akuisisi

Berdasarkan atas jenis perusahaan, secara garis besar akuisisi dibedakan dalam 3 jenis yang diantaranya adalah akuisisi horizontal, akuisisi vertikal dan juga akuisisi konglomerat.

Pengertian akuisisi horizontal sendiri adalah proses akuisisi atau proses pengambilalihan atas kekuasaan suatu perusahaan oleh perusahaan lain yang memiliki jenis bisnis sama. Sedangkan akuisisi vertikal memiliki pengertian sebagai sebuah proses pengambilalihan kepemilikan sebagian besar dari saham perusahaan pemasok atau pengambilalihan pelanggan dari perusahaan yang dibeli.

Sementara untuk pengertian akuisisi konglomerat dapat dijabarkan sebagai sebuah proses pengambilalihan kepemilikan atas sebagian besar saham, aset atau suatu perusahaan yang jenis usahanya tidak sama.

Proses Akuisisi

Dalam proses akuisisi, ada 3 cara yang dapat digunakan yang diantaranya adalah merger atau konsolidasi. Proses ini dilakukan dengan cara menggabungkan 2 perusahaan menjadi satu.

Dalam merger, bidding firm akan tetap berdiri dengan nama dan identitasnya serta mendapatkan semua aset dan juga kewajiban yang dimiliki target firm. Sedangkan dalam konsolidasi akan terbentuk sebuah perusahaan baru dimana kedua belah pihak akan menerima saham yang baru di perusahaan yang baru tersebut.

Kemudian proses selanjutnya adalah acquisition of stock. Pengertian akuisisi ini adalah proses akuisisi dengan membeli voting dari stok perusahaan seperti saham atau surat-surat berharga secara tunai.

Proses ini dapat dilakukan suatu perusahaan dengan melakukan penawaran terhadap perusahaan lain. Sementara proses akuisisi yang terakhir adalah acquisition of assets yaitu dengan cara membeli semua aset perusahaan. Sekian

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: