Pengertian Agama Secara Umum dan Kehidupan Beragama di Indonesia

Agama merupakan sebuah kepercayaan yang dianut oleh seseorang. pengertian agama adalah sebuah ajaran atau sistem yang mengatur tata cara peribadatan kepada Tuhan dan hubungan antar manusia. Dalam ajaran sebuah agama, setiap penganutnya diajari agar saling hidup rukun dengan sesama manusia.

Di Negara Kesatuan Republik Indonesia sendiri terdapat enam agama yang diakui dan dilindungi. Enam agama di Indonesia yang telah diakui secara resmi tersebut antara lain agama islam, katholik, Kristen, budha, hindu dan konghucu. Keenam pemeluk agama tersebut diakui dan dilindungi oleh undang-undang untuk bebas melaksanakan ajaran dari kepercayaan mereka tersebut.

Indonesia merupakan sebuah negara yang berdasarkan pancasila, dimana dalam sila pertama pancasila tersebut adalah mengakui adanya tuhan. Oleh karena hal tersebut, maka negara melindungi setiap kepercayaan yang mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa. Negara berani menjamin keamanan setiap agama untuk menjalankan ibadah sesuai kepercayaan mereka masing-masing.

Fungsi Ajaran Agama dalam Kehidupan Bermasyarakat

Dilihat dari pengertian agama diatas, maka sebuah ajaran agama memegang peran yang penting. Penyampaian ajaran agama yang tepat dan sesuai, maka seseorang akan dapat hidup rukun dan saling menghormati dengan warga yang memeluk agama lain. Dengan demikian, fungsi agama untuk menciptakan kerukunan dan kedamaian akan terwujud, sehingga akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang kuat.

Selain itu, sebuah agama juga berfungsi memberikan pengajaran moral kepada manusia. Sebuah ajaran agama pasti menanamkan kepada umatnya untuk berbuat baik dengan sesama makhluk hidup dan jika mereka tidak melakukannya, maka akan mendapat siksa di akhirat dari Tuhan yang mereka percayai. Dengan adanya ajaran moral dari masing-masing agama tersebut, maka seseorang akan selalu berusaha berbuat hal kebaikan semasa hidupnya.

Pentingnya Menganut Sebuah Ajaran Agama

Pengertian agama secara singkat adalah sebuah kepercayaan manusia kepada Sang Pencipta Nya. Dengan demikian, maka seseorang yang beragama pasti akan selalu berbuat kebaikan, karena mereka tahu bahwa semua perilaku akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan. Oleh Karena hal tersebut, maka seseorang dianjurkan memeluk agama agar berperilaku terpuji sesama umat manusia.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Agama Secara Umum dan Kehidupan Beragama di Indonesia | Admin | 4.5
%d bloggers like this: