Pengertian Adil dan Macam-macam Adil

Pengertian adil menurut bahasa ialah memiliki arti bahwa meletakkan suatu hal atau urusan sesuai dengan pada tempatnya. Dengan demikian, adil mempunyai makna bahwa orang tersebut tidak memihak pada satu pihak tertentu, dan tidak belah sebelah. Dengan demikian, adil bukanlah mesti harus sama namun lebih ke menempatkan sesuatu pada tempatnya.

Jika berkaitan dengan hak dan kewajiban, maka adil itu memperlakukan hak dan juga berpegang teguh kepada kebenaran. Dalam ajaran Agama Islam, berbuat adil kepada siapapun memang menjadi salah satu hal yang sangat dianjurkan bahkan diwajibkan. Keadilan bahkan bisa dimasukkan ke dalam aspek fundamental berinteraksi kepada Allah, dengan orang lain dan tentunya dengan diri sendiri.

Terlepas dari pengertian pengertian adil, adil merupakan salah satu sifat yang sangat dimuliakan dalam Islam dan sikap tersebut tidak akan terpengaruhi oleh factor-faktor seperti factor golongan, kerabat, karib, kasih sayang bahkan factor keluarga. Sebagaimana yang diajarkan dalam agama islam yang mana seseorang memang dituntut untuk selalu berbuat adil.

Macam-Macam Adil

Secara garis besar perilaku adil bisa dibagi menjadi 4 bagian dalam ajaran islam. Pertama ialah berperilaku adil kepada Allah SWT. Bagaimana cara memperlakukan adil kepada Allah SWT? Cara yang dilakukan ialah dengan menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya Zat yang wajib disembah dan ditaati. Selain itu, kita sebagai hamba juga harus mempercayai bahwa Allah-lah merupakan satu-satunya Zat yang paling sempurna. Selain berperilaku adil kepada Allah SWT, kemudian berperilaku adil yang kedua ialah dengan menempatkan diri anda pada tempat yang benar dan sesuai. Dengan kata lain, ada tidak boleh melulu untuk mengikuti hawa nafsu ketika anda bertindak.

Selain itu, anda juga harus berbuat adil kepada orang lain, yakni dengan cara menempatkan orang lain sesuai dengan yang layak dan benar. Dengan demikian, anda harus jujur dan berkata baik serta tidak mudah menyakiti orang lain. Terlebih anda jangan sampai merugikan orang lain. Selain itu, macam keadilan yang terakhir dalam pengertian adil ini ialah berperilaku adil kepada orang lain.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Adil dan Macam-macam Adil | Admin | 4.5
%d bloggers like this: