Pengertian, Tujuan dan Macam-macam Adaptasi

Pengertian adaptasi adalah salah satu kemampuan yang dimiliki oleh makhluk hidup baik itu, hewan, tumbuhan dan manusia untuk mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya. Kemampuan tersebut dilakukan dalam rangka untuk bisa terus mempertahankan dirinya untuk tetap bisa hidup.

Selain kemampuan untuk bertahan hidup dengan lingkungannya, adaptasi juga diketahui sebagai salah satu cara yang sering dilakukan oleh makhluk hidup untuk mampu mengatasi segala tekanan yang berasal dari lingkungan , yakni dengan tujuan yang sama mempertahankan hidup. Itulah hal yang bisa anda ketahui kaitannya dengan definisi adaptasi makhluk hidup.

Tujuan Adaptasi

Setelah anda mengetahui kaitannya dengan pengertian adaptasi, hal lain yang bisa anda ketahui kaitannya dengan adaptasi ialah mengenai tujuan adaptasi itu sendiri. Jika berbicara mengenai tujuan adaptasi, ada beberapa tujuan adaptasi yang bisa anda ketahui.

Tujuan pertama dari adaptasi ialah digunakan sebagai pelindung diri baik dari musuh atau pemangsa. Selain itu, dengan adanya kemampuan menyesuaikan diri tersebut, organism tertentu juga akan lebih mudah dalam mendapatkan makanannya. Selain itu, tujuan dari adaptasi ialah supaya organism tetap hidup dan keberlangsungan hidupnya terjamin.

Jenis – Jenis Adaptasi

Setelah anda mengetahui kaitannya dengan tujuan adaptasi, hal selanjutnya yang bisa anda ketahui kaitannya dengan adaptasi ialah jenis-jenis adaptasi. Salah satu jenis adaptasi yang bisa anda ketahui ialah adaptasi morfologi. Adaptasi jenis ini merupakan adaptasi yang dilakukan dengan cara menyesuaikan bentuk tubuh dan juga alat-alat tubuh pada makhluk hidup tersebut. Salah satu contoh adaptasi morfologi ialah berbedanya patuh burung tersebut.

Selain adaptasi morfologi, adaptasi lainnya yang bisa anda ketahui ialah adaptasi fisiologi yang mana cara yang digunakan organism ialah menyesuaikan fungsi kerja dari organ tubuh terhadap lingkungannya. Contoh dari adaptasi jenis ini ialah burung hantu yang mempunyai mata tajam ketika malam menjelma. Adaptasi terakhir yang bisa anda ketahui ialah adaptasi tingkah laku yang mana organism yang bersangkutan menyesuaikan tingkah lakunya dengan lingkungannya. Contohnya ialah bunglon mengubah warna kulit berdasar pada lingkungannya. Itulah pengertian adaptasi yang bisa anda ketahui.

Cari Artikel di Sini


Pengertian, Tujuan dan Macam-macam Adaptasi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: