Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (Finansial)

Dasar-Dasar Manajemen Keuangan – Pengertian dasar manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengendalian, pengolahan, penyimpana serta pencarian dana yang mana itu dipunyai oleh suatu organisasi atau bakhan perusahaan.

Setelah kita mengetahui tentang referensi dari manajemen keuangan, bila belum tahu silahkan klik disini. Nah disini akan meberikan penjelasan singkat mengenai dasar dari manajemen keuanagn.

Manajemen keuangan merupakan kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengendalian, pengolahan, penyimpana serta pencarian dana yang mana itu dipunyai oleh suatu organisasi atau bakhan perusahaan.

Nah berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang masing masing fungsi dari manajemen keuangan.

  1. Perencanaan keuangan, yaitu pembuatan rancangan pmaskkna serta pengeluaran serta kegiatan yang lain-lain dlam periode waktu tertentu.
  2. Penganggaran keuangan, merupakan tindak lanjut dari perencanaan keuanagn dengan membuat detai-detai dari pengeluaran serta pemasukkan yang ada.
  3. Pengelolan keuangan, mempergunakan dana yang ada dalam perusahaan agar dapat memaksimalkan dana yang telah ada dengan jalan apapun.
  4. Pencarian keuangan, kegiatan untuk mengekplor semua potensi yang ada serta mancari sumber dana yang telah ada untuk operasional (menjalankan) kegiatan yang ada dalam perusahaan.
  5. Penyimpanan keuangan, kegiatan untuk mengumpulkan dana perusahaan yang mana dana tersebut disimpan secara aman.
  6. Pengendalian keuangan, kegiatan untuk mengevalusi serta perbaiakan atas semua sistem yang berjalan selama ini serta keungan yang ada pada perusahaan.
  7. Pemeriksaan keuangan, kegiatan untuk melakukan audit internal terhadap kauangan yang ada pada perusahaan yang man tujuannya agar tidak terjadi penympangan dana perusahaan.
dasar manajemen keuangan

ide yang kecil bila dikumpulkan akan menjadi ide yang besar (image : google)

Adapun definisi dari manajemen keuangan adalah tugasserta tanggungtawab dari manjer keuangan. Dalam hal ini tugas manajer keuangan dapat berupa pembagian deviden (laba), pembiyaan kegiatan perusahaan, tentang investasi.

Maka dapat disimpulkann bahwa tugas dari manajer keuangan adalah merencanakan agar dapat mamaksimalkan nilai dari perusahaan. Adapun 4 aspek yang menyangkt dengan kegiatan yang dilakukan oleh manajer kauangan.

  1. Perencanan serta peramalan, dalam hal ini manajer kuanagn harus dapt berkoordinasi dnegan manajer lainnya yang ikut bertanggungjawab dengan perencanaan perusahaan.
  2. Yang manan seorang manajer harus dapat memfokuskan serta memusatkan perhatiannya terhadap keputusan investasi serta pembiaaynaan dan juga yang beraitan dengan hal tersebut.
  3. Seorang najer kuanagn harus dapat berkoordinasi dengan baik dengan manajer yang lain agar perusahaan bergerak (beroperasi) secara efisien.
  4. Yang manyangkut masalah penggunaan pasar uang serta pasar modal, seorang manajer keuangan akan menghubungkan perusahaannya dengan pasar keuangan, yang mana dana tersebut dapat diperoleh serta serta surat berharga dari perusahaan dapat diperdagangkan.

Nah dari ke-4 aspek tersebut dpat disimpulkan bahwa tuga pokok dari manajer keuangan yang berkaitan dengan keputusan investasi serta pembiayaan dalam perusahaan.

Yang mana dalam menjalankan fungsinya, tuga manajer keuangan akan berhubungan langsung dengan keputusan poko dari perusahaan serta berpengaruh terhadap nilai yang ada pada perusahaan.

Nah berikut ini merupakan fungsi pokok dari manajemen keuangan, yaitu :

  1. Investment Decision, merupakan keputusan yang berhubungan denga aktiva yang kan dikelola oleh perusahaan.
  2. Financing Decision, merupakan keputusan yang berhubungan dengan sumber dana yang kaan diperlukan serta penetapan perimbangan pembelanjaan yang terbaik bagi perusahaan.
  3. Assets Management Decision, merupakan lkeputusan yang mana berkaitan dengan penggunaan sertab pengelolaan aktiva.

Sedangkan tugas dasar dari manajer keuangan secara umum adalah:

  1. untuk mendapatkan sumber dana bagi perusahaan.
  2. Menggunakan dana perusahaan untuk operasional
  3. Untuk membagikan laba perusahaan terhadap pemegang saham

Pastilah manajerkeunagan mempunyai sebuah tujuan, yaitu agar dapat mengelola dana dari perusahaan secara umumnya adalah agar dapat memaksimalkannilai dari perusahaan. Uyang mana bila suatu saat nanti perusahaan akan dijual harganya akan ditetapkan setinggi mungkin.

 


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: