Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan

Kesehatan menjadi satu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Tubuh yang sehat tentunya akan mempermudah seseorang dalam melakukan aktivitasnya. Gaya hidup kekinian yang semakin jauh dari kata sehat dan harga obat yang makin mahal menjadikan kesehatan sebagai sebuah aset berharga dalam kehidupan. Sebagai negara yang memiliki tingkat kesehatan di bawah standar, Indonesia melalui Pemerintahnya terus berusaha meningkat dan memperbaiki derajat kesehatan masyarakat Indonesia dengan menyelenggarakan BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan resmi didirikan pada 1 Januari 2014 yang merupakan transformasi dari Askes (Asuransi Kesehatan). Program BPJS Kesehatan diadakan dengan tujuan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan jaminan sosial yang terkait dengan kesehatannya. Meskipun tujuannya mulia, sayangnya program ini masih kurang maksimal dalam pelaksanaannya karena kurangnya sosialisasi. Hasilnya, di lapangan pun masih ada saja masyarakat yang tidak paham mengenai cara mendaftar program BPJS Kesehatan.

Syarat-Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan

Mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan 2 pilihan, yaitu offline dan online. Masing masing metode pun memiliki tingkat kemudahan dan kesulitan masing masing. Apabila anda tidak begitu paham dengan internet, maka anda bisa mendaftar secara offline. Sedangkan, bagi anda yang lebih akrab dengan perangkat dan jejaring internet serta merasa lebih efisien, maka anda bisa mendaftar secara online.

Ada beberapa dokumen yang harus anda persiapkan sebelum mendaftar BPJS Kesehatan, diantaranya adalah :

  1. Kartu identitas yang masih berlaku berupa KTP, SIM, atau Paspor.
  2. Kartu Keluarga atau KK terbaru.
  3. Buku nikah bagi anda yang sudah menikah.
  4. Fotocopy buku tabungan sebagai penanggung biaya.
  5. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.

Setelah semua dokumen siap, langkah selanjutnya adalah anda bisa memilih untuk mendaftar secara online maupun secara offline. Apabila anda mendaftar secara online, maka ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan seperti berikut ini :

  1. Pertama anda harus membuka website bpjs-kesehatan.go.id melalui PC atau mobile phone maupun tablet anda.
  2. Kedua, isikan data yang telah disediakan dengan benar mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan.
  3. Ketiga, pilih biaya iuran perbulan anda dengan rentang biaya mulai Rp 25.500,- sampai dengan Rp 59.500,- per bulan sesuai dengan kelas yang anda pilih mulai dari Kelas III yang paling murah sampai dengan kelas II yang paling mahal.
  4. Kemudian, simpan data anda dan tunggu email notifikasi nomor registrasi masuk ke email yang telah anda daftarkan.
  5. Setelah email masuk, print lembar Virtual Account anda dan lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk.
  6. Setelah itu anda akan mendapat bukti pembayaran dan email balasan berupa E-ID Card yang bisa anda print sendiri atau di print di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Apabila anda memilih untuk print di kantor cabang BPJS Kesehatan, maka anda tinggal ke bagan Print kartu BPJS kesehatan dan serahkan form isian, virtual account berikut bukti pembayaran kepada petugas.

Ada banyak fasilitas dan layanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan yang dapat mengcover kebutuhan kesehatan anda. Jenis kelas yang dipilih baiknya disesuaikan dengan kenyamanan dan kemampuan anda. Selain itu, Anda juga diminta untuk turut berperan aktif dalam mengupdate informasi seputar layanan dan fasilitas BPJS Kesehatan disamping sosialisasi yang terus dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: