Cara Custom Theme di WordPress

Cara Custom / Modifikasi Theme WordPress – Memiliki website menarik dari segi tampilan memang dambaan semua orang, karena memang dengan tampilan visual yang menarik akan meningkatkan kualitas website itu sendiri.

Nah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya salah satu kelebihan wordpress ialah kemudian dalam mengkustom / memodifikasinya. Kita bisa membuat webiste apa saja dengan menggunakan wordpress. Mulai dari landing page, toko online, hingga portal berita.

Mengapa hal itu menjadi mudah? Karena sifat wordpress yang open source artinya semua orang bebas untuk mengembangkannya. Efeknya adalah, ada buanyak sekali developer-developer yang mengembangkan wordpress baik dari internal perusahaan maupun eksternal.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah plugin dan theme wordpress yang luar biasa banyak. Kita bisa mencari plugin apa saja yang kita inginkan, dan 99% pasti ada pluginnya. Mulai dari plugin sederhana seperti mengganti foto profil, tombol share sosial media, hingga plugin kelas berat seperti toko online dan plugin SEO.

Bagaimana Mengkustom Theme WordPress?

Untuk mengkustom wordpress lebih baik memang kita memahami bahasa pemrograman, minimal HTML dan CSS. Karena kedua bahasa ini sangat penting digunakan. Tetapi, jika tidak paham bahasa pemrograman sama sekali kita bisa menggunakan template atau theme yang menyediakan fitur kustom.

Biasanya, template premium/berbayar lebih banyak opsi modifikasinya. Sehingga kita bisa mengeksplorasi template sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk memodifikasi template sesuai opsi yang diberikan oleh pembuat theme tersebut silahkan menuju menu appearance -> customize.

Menu Edit Template WordPress

Mengedit Tampilan WordPress

Setelah Anda klik menu tersebut, Anda akan dialihkan di halaman kustom. Seperti gambar di bawah ini:

Menu Edit Template

Menu Edit Template

Diatas adalah menu yang tersedia untuk kita edit. Di sebelahnya sebenarnya ada halaman preview tetapi tidak saya screenshot. Karena saya hanya ingin fokus ke menu kustom saja.

Silahkan bereksplorasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Tetapi, jika dirasa masih kurang maka Anda bisa mengedit manual di template tersebut. Di menu Appearance -> Editor. Tetapi syarat utamanya Anda harus mengerti bahasa pemrograman PHP, CSS, dan HTML.

Cari Artikel di Sini


Cara Custom Theme di WordPress | Admin | 4.5
%d bloggers like this: